IMPLEMENTASI PENGELOLAAN PAUD INKLUSI DI PAUD INKLUSI SRAWUNG BOCAH KEC. KASIHAN KAB. BANTUL

Anita Saharani, NIM.: 20104030046 (2024) IMPLEMENTASI PENGELOLAAN PAUD INKLUSI DI PAUD INKLUSI SRAWUNG BOCAH KEC. KASIHAN KAB. BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENGELOLAAN PAUD INKLUSI DI PAUD INKLUSI SRAWUNG BOCAH KEC. KASIHAN KAB. BANTUL)
20104030046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENGELOLAAN PAUD INKLUSI DI PAUD INKLUSI SRAWUNG BOCAH KEC. KASIHAN KAB. BANTUL)
20104030046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan inklusi, terutama pada pendidikan anak usia dini, masih menghadapi tantangan dalam pengelolaan yang optimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui paud inklusi serta implementasi pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) inklusi di PAUD Inklusi Srawung Bocah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dilaksanakan di PAUD Inklusi Srawung Bocah selama bulan Oktober hingga Desember 2023. Metode observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAUD Inklusi Srawung Bocah telah menerapkan pendidikan inklusi sejak tahun 2019, dengan menerima berbagai jenis anak berkebutuhan khusus seperti ASD, ADHD, Down Syndrome, dan Cerebral Palsy. Perencanaan yang melibatkan asesmen awal untuk mengidentifikasi kebutuhan khusus anak, disertai dengan pengorganisasian yang melibatkan shadow teacher. Pembelajaran dilaksanakan secara menyeluruh dengan pengawasan dan evaluasi terhadap pendidik dan peserta didik. Keunggulan PAUD ini meliputi layanan inklusi yang bekerja sama dengan psikolog dan tenaga medis, serta program parenting bulanan dan dukungan orang tua melalui Parent Support Group (PSG). Pendekatan positif dalam komunikasi, seperti menggunakan kata-kata tolong, maaf, terima kasih, dan permisi, juga menjadi ciri khas PAUD ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Eko Suhendro, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Inclusion Early Childhood Education; ABK; media pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Jul 2024 12:07
Last Modified: 10 Jul 2024 12:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65791

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum