PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII MTS

Nastiti Khairun Nisa, NIM.: 20104040035 (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII MTS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII MTS)
20104040035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII MTS)
20104040035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu kemampuan kognitif yang perlu dimiliki oleh peserta didik karena dapat membantu peserta didik dalam menghubungkan konsep matematika dengan berbagai bidang. Selain kememampuan kognitif, peserta didik juga perlu meningkatkan kemampuan kognitif, salah satunya yaitu self-efficacy. Self-efficacy perlu dimiliki peserta didik karena dapat membatu peserta didik dalam menyelesaikan tugas untuk mencapai tujuan tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan produk berupa LKPD berbasis pendekatan kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy pada materi teorema Pythagoras kelas VIII MTs yang valid, praktis dan efektif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar penilaian kualitas LKPD, lembar angket respon peserta didik terhadap LKPD, lembar self-efficacy peserta didik, instrumen tes kemampuan koneksi matematis, RPP dan lembar observasi pembelajaran. Adapun teknik pemilihan sampel pada uji coba skala kecil maupun skala besar yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan LKPD ini memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Valid berdasarkan penilaian kualitas LKPD oleh para ahli yang memperoleh persentase skor rata-rata sebesar 87,4%. Praktis berdasarkan hasil angket peserta didik yang memperoleh skor rata-rata sebesar 65,96 dengan persentase keidealan sebesar 82,45%. Efektif berdasarkan hasil tes kemampuan koneksi matematis yang menunjukkan bahwa peserta didik yang tuntas lebih banyak daripada peserta didik yang tidak tuntas dengan persentase ketuntasan sebesar 75% dan tingkat self-efficacy peserta didik yang memperoleh skor rata-rata sebesar 38,5 yang termasuk pada kategori tinggi. Oleh sebab itu, LKPD ini layak digunakan pada pembelajaran matematika kelas VIII MTs/sederajat materi teorema Pythagoras.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Arfinanti, S.Pd., Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik; Pendekatan Kontekstual; Kemampuan Koneksi Matematis; Self-Efficacy
Subjects: 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Jul 2024 15:23
Last Modified: 09 Jul 2024 15:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65792

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum