ATLAS KEANEKARAGAMAN GASTROPODA DI PANTAI WOHKUDU GUNUNGKIDUL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA SMA/MA

Necta Ayu Cahyanti, NIM.: 20104070027 (2024) ATLAS KEANEKARAGAMAN GASTROPODA DI PANTAI WOHKUDU GUNUNGKIDUL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ATLAS KEANEKARAGAMAN GASTROPODA DI PANTAI WOHKUDU GUNUNGKIDUL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA SMA/MA)
20104070027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ATLAS KEANEKARAGAMAN GASTROPODA DI PANTAI WOHKUDU GUNUNGKIDUL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA SMA/MA)
20104070027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman gastropoda di Pantai Wohkudu Gunungkidul, mengembangkan atlas keanekaragaman Gastropoda di Pantai Wohkudu Gunungkidul sebagai media pembelajaran biologi dan mengetahui kualitas atlas keanekaragaman gatropoda di Pantai Wohkudu Gunungkidul sebagai media pembelajaran biologi. Penelitian ini terdiri dari dua tahap utama yaitu penelitian keanekaragaman gastropoda di Pantai Wohkudu Gunungkidul dan pengembangan atlas keanekaragaman gastropoda menggunakan model pengembangan ADDIE yang melalui 3 tahapan yaitu analysis, design, dan development. Penelitian keanekaragaman gastropoda memperoleh 40 spesies yang terbagi dalam 6 ordo dan 2 super famili di tiga stasiun dengan indeks keanekaragaman jenis Gastropoda secara keseluruhan di Pantai Wohkudu Gunungkidul termasuk kedalam kategori tinggi yaitu 3,34. Atlas ini dinilai dan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media menggunakan instrument penilaian berupa angket validasi. Uji coba produk atlas dilakukan secara terbatas yaitu pada 1 orang guru biologi dan 18 siswa kelas X-5 SMAN 1 Banguntapan. Hasil penilaian ahli materi termasuk dalam kategori sangat layak dengan rata-rata persentase 92,96%, penilaian dari ahli media termasuk dalam kategori sangat layak dengan persentase penilaian 80,21%, respon penilain oleh guru biologi termasuk berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata persentase sebesar 86,75%, dan respon siswa diperoleh persentase rata-rata sebesar 90,66% yang menunjukkan kategori sangat Baik. Berdasarkan hasil penelitian, maka Atlas Keanekaragaman Gastropoda di Pantai Wohkudu Gunungkidul sangat layak digunakan sebagai Media Pembelajaran Biologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sulistiyawati, S.Pd.I., M.Si
Uncontrolled Keywords: Gastropoda; Media Pembelajaran; Pengembangan; Pantai Wohkudu
Subjects: 500 Sains Murni > 570 Biologi, Ilmu Hayat > 570.7 Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Jul 2024 15:53
Last Modified: 09 Jul 2024 15:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65796

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum