BRANDING LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAK DAN SEDEKAH NAHDLATUL ULAMA DI NU CARE LAZISNU DIY

Siti Nurul Mutiah, NIM.: 20102040089 (2024) BRANDING LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAK DAN SEDEKAH NAHDLATUL ULAMA DI NU CARE LAZISNU DIY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BRANDING LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAK DAN SEDEKAH NAHDLATUL ULAMA DI NU CARE LAZISNU DIY)
20102040089_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BRANDING LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAK DAN SEDEKAH NAHDLATUL ULAMA DI NU CARE LAZISNU DIY)
20102040089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari potensi zakat yang mengalami penurunan pada tahun 2023. Penurunan tersebut disebabkan oleh beberapa pengurus cabang NU Care LAZISNU yang tidak mengirimkan laporan penghimpunan zakatnya ke NU Care LAZISNU DIY. Alasan mereka tidak mengirimkan laporan tersebut karena adanya pengurus yang sudah tidak aktif di kantor dan terdapat surat keputusan yang masa berlakunya sudah habis. Sehingga mempengaruhi kegiatan dan laporan penghimpunan zakat yang ada. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis penelitian studi lapangan yang kemudian menghasilkan data deskriptif. Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini didapatkan melalui observasi dengan datang ke tempat penelitian kemudian mengamati secara langsung dan mencatat informasi yang berkaitan dengan branding, wawancara langsung dengan pihak yang bersangkutan terkait branding dan dokumentasi dengan mencari data-data terkait hal-hal seperti gambar, catatan dan sebagainya yang telah diperoleh selama observasi dan wawancara. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Branding Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama Di NU Care LAZISNU DIY dapat dilaksanakan dengan baik. Adapun metode branding yang digunakan adalah tiga metode milik Jeniffer L. Aaker yaitu brand personality, brand identity, dan brand postioning. Brand personality dilakukan melalui media sosial yaitu Instagra, Facebook, dan Tiktok, brand identity melalui program pendidikan, kemanusiaan, dan kesehatan, dan brand positioning melalui tagline dan ajakan kepada mahasiswa. Dari ketiga metode branding tersebut, branding yang lebih menarik masyarakat untuk berzakat yaitu brand personality melalui media sosial yaitu instagram, facebook, dan tiktok dan brand identity melalui program pendidikan, kemanusiaan, dan kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munif Solihan, MPA
Uncontrolled Keywords: Branding, Lembaga Amil, NU Care Lazisnu
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.65 Organisasi Islam (Majlis Ulama Indonesia/MUI, Nahdlatul Ulama/NU, Muhammadiyah)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Jul 2024 11:21
Last Modified: 10 Jul 2024 11:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65817

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum