PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS GUIDED INQUIRY TERINTEGRASI GREEN CHEMISTRY SEBAGAI BAHAN LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Nur Khofifah, NIM.: 20104060029 (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS GUIDED INQUIRY TERINTEGRASI GREEN CHEMISTRY SEBAGAI BAHAN LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS GUIDED INQUIRY TERINTEGRASI GREEN CHEMISTRY SEBAGAI BAHAN LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM)
20104060029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS GUIDED INQUIRY TERINTEGRASI GREEN CHEMISTRY SEBAGAI BAHAN LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM)
20104060029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kurang inovatifnya media pembelajaran yang digunakan di SMA/MA menyebabkan kurangnya minat belajar, rendahnya pemahaman konsep dan literasi kimia peserta didik. Sehingga, peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang dapat menyampaikan materi secara variatif, inovatif, dan dapat melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kualitas, dan respon peserta didik SMA/MA kelas XI MIPA terhadap media e LKPD Berbasis Guided Inquiry Terintegrasi Green Chemistry Sebagai Bahan Literasi Kimia Peserta Didik Pada Materi Hidrolisis Garam. Penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate) digunakan sebagai prosedur pengembangan produk. Namun, penelitian ini dibatasi pada tahap Develop. Produk E LKPD divalidasi oleh satu ahli materi, satu ahli media, empat reviewer (Guru Kimia SMA/MA), dan direspon oleh delapan peserta didik kelas XI MIPA. Penilaian dilakukan menggunakan lembar angket skala 5. Karakteristik e LKPD hasil pengembangan berupa e LKPD berbentuk apk android yang menyajikan menu KD dan IPK berdasarkan kurikulum 2013, menu materi hidrolisis garam, menu kegiatan literasi, dan latihan literasi. E LKPD ini menyajikan berbagai permasalahan yang memuat konsep Green Chemistry berupa fenomena di lingkungan sekitar. Selain itu, E LKPD juga diintegrasikan dengan website lain seperti liveworksheet dan youtube. Hasil penilaian kualitas oleh dosen ahli materi memperoleh persentase keidealan 80% dengan kategori Baik (B), penilian kualitas oleh dosen ahli media memperoleh persentase keidealan 80% dengan kategori Baik (B), penilaian kualitas dari reviewer memperoleh persentase keidealan 89,8% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan direspon positif oleh peserta didik dengan persentase keidealan 94,6% dengan kategori Sangat Baik (SB). Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa e LKPD Guided Inquiry Terintegrasi Green Chemistry Sebagai alternatif Literasi Kimia Peserta didik Pada Materi Hidrolisis Garam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si., M.Pd. Si., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: guided inquiry; green chemistry; hidrolisis garam; literasi kimia
Subjects: 500 Sains Murni > 540 Kimia > 540.7 Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Jul 2024 13:01
Last Modified: 10 Jul 2024 13:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65829

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum