PENERAPAN METODE MUROJA’AH PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN KELAS IV MI AL-MUHSIN 1 KRAPYAK YOGYAKARTA

Hanidha Windriani, NIM.: 20104080050 (2024) PENERAPAN METODE MUROJA’AH PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN KELAS IV MI AL-MUHSIN 1 KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE MUROJA’AH PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN KELAS IV MI AL-MUHSIN 1 KRAPYAK YOGYAKARTA)
20104080050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE MUROJA’AH PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN KELAS IV MI AL-MUHSIN 1 KRAPYAK YOGYAKARTA)
20104080050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam pelaksanaan menghafal Al-Qur’an membutuhkan suatu metode untuk memudahkan peserta didik dalam menghafal ayat-ayat Al-Qur’an sehingga berhasil dengan baik dan terhindar dari kelupaan. Oleh karena itu, diterapkannya metode muroja’ah dalam pembelajaran tahfidz. Metode muroja’ah memiliki peran yang sangat penting dalam keterlaksanaannya pembelajaran tahfidz di MI Al- Muhsin 1. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penerapan metode muroja’ah dalam pembelajaran tahfidz untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an kelas IV MI Al-Muhsin 1, 2) mendeskripsikan hasil dari penerapan metode muroja’ah dalam pembelajaran tahfidz untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an kelas IV MI Al-Muhsin 1, 3) mendeskripsikan hambatan penerapan metode muroja’ah dalam pembelajaran tahfidz di kelas IV MI Al-Muhsin 1. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode muroja’ah dalam pembelajaran tahfidz di MI Al-Muhsin 1 terdapat 4 macam pelaksanaan, yaitu: 1) muroja’ah secara pribadi, 2) muroja’ah dengan guru, 3) muroja’ah dengan teman, 4) muroja’ah dengan orang tua. Hasil penerapan metode muroja’ah pada pembelajaran tahfidz di kelas IV MI Al-Muhsin 1 yaitu dengan adanya penerapan metode muroja’ah dapat meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an, ix menguatkan hafalan Al-Qur’an, meningkatkan kualitas bacaan, membantu memperbaiki konsentrasi dan fokus, serta dapat meningkatkan keterampilan memori peserta didik. Dengan meningkatnya kemampuan hafalan peserta didik juga membantu peserta didik berhasil mencapai target hafalan Surah Al-Mulk dan Surah Al-Qolam dengan baik pada semester gasal. Hambatan penerapan metode muroja’ah dalam pembelajaran tahfidz di kelas IV MI Al-Muhsin 1, yaitu motivasi yang rendah, peserta didik tidak fokus, keterbatasan waktu, kurangnya guru tahfidz, dan kondisi lingkungan kurang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sigit Prasetyo, M.Pd.,Si.
Uncontrolled Keywords: Metode Muroja’ah; Menghafal Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Jul 2024 13:22
Last Modified: 10 Jul 2024 13:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65831

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum