PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS KITAB JADWAL AL-HURUF KARYA HASYIM ISMU’I DENGAN PENDEKATAN QAWA’ID WA TARJAMAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENERJEMAH

Ahmad Zaki Alhafidz, S.Pd., NIM.: 22204021007 (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS KITAB JADWAL AL-HURUF KARYA HASYIM ISMU’I DENGAN PENDEKATAN QAWA’ID WA TARJAMAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENERJEMAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS KITAB JADWAL AL-ḤURŪF KARYA HASYIM ISMU’I DENGAN PENDEKATAN QAWĀ’ID WA TARJAMAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENERJEMAH)
22204021007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS KITAB JADWAL AL-ḤURŪF KARYA HASYIM ISMU’I DENGAN PENDEKATAN QAWĀ’ID WA TARJAMAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENERJEMAH)
22204021007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah bahan ajar digital berbasis kitab Jadwal Al-Ḥurūf Karya Hasyim Ismu’i dengan pendekatan qawā’id wa tarjamah sebagai salah satu sumber referensi pembelajaran bahasa Arab yang membahas secara khusus terkait fungsi dan makna dari suatu ḥarf yang terkadang memiliki banyak opsi makna yang menyesuaikan konteks kalimat dalam bahasa Arab. Penelitian dengan jenis Research and Development ini menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation) dengan subjek penelitian adalah 19 mahasiswa kelas B semester 1 jurusan Magister Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan desain uji efektivitas one group pretest-posttest design. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengembangan bahan ajar digital berbasis kitab Jadwal Al- Huruf karya Hasyim Ismu’i? dan 2) Bagaimana efektivitas penggunaan bahan ajar digital berbasis kitab Jadwal Al-Ḥurūf karya Hasyim Ismu’i untuk meningkatkan keterampilan menerjemah?. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Penelitian Pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang menghasilkan bahan ajar digital dengan model buku referensi dengan format e-book PDF dengan judul “Kamus Ḥurūf Ma’āny (Makna. Kaidah, i’rāb & Contoh) dengan jumlah halaman vi+206 ukuran halaman A5 dengan ukuran file 1,11 MB yang telah diuji kelayakan oleh ahli ahli materi dengan prosentase nilai dengan 91% yang bermakna “sangat valid” kemudian ahli media dengan prosentase nilai 93% yang bermakna “sangat valid” dan validasi dari dosen pengguna dengan prosentase nilai 93% yang bermakna “sangat valid”. 2) Hasil analisis pretest dan posttest hasil belajar keterampilan menerjemah 19 mahasiswa semester 1 kelas B MPBA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan teknik analisis Paired Sample T-test dihasilkan bahwa nilai t-hitung 7.803 > t-tabel 2.101 dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima serta nilai Sig. 2 tailed 0,00 < 0,05 yang dapat diinterpretasikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima atau terdapat pengaruh terhadap hasil belajar keterampilan menerjemah mahasiswa setelah menggunakan bahan ajar digital berbasis kitab Jadwal Al-Ḥurūf. Dan uji N-gain dengan hasil nilai rata-rata N-gain adalah sebesar 0.60 dengan klasifikasi sedang dan dapat disimpulkan bahwa tingkat efektifitas penggunaan produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah “cukup efektif“.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: bahan ajar digital; keterampilan menerjemah; bahan ajar cetak
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.78 Bahasa Arab - Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Jul 2024 15:11
Last Modified: 10 Jul 2024 15:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65852

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum