TRAGEDI CINTA DALAM NOVEL MAMU ZEIN DAN DRAMA ROMEO JULIET MENURUT ROBERT J. STERNBERG (KAJIAN SASTRA BANDINGAN)

Nur Anisa Rufaidah, NIM.: 21201011011 (2023) TRAGEDI CINTA DALAM NOVEL MAMU ZEIN DAN DRAMA ROMEO JULIET MENURUT ROBERT J. STERNBERG (KAJIAN SASTRA BANDINGAN). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TRAGEDI CINTA DALAM NOVEL MAMU ZEIN DAN DRAMA ROMEO JULIET MENURUT ROBERT J. STERNBERG (KAJIAN SASTRA BANDINGAN))
21201011011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TRAGEDI CINTA DALAM NOVEL MAMU ZEIN DAN DRAMA ROMEO JULIET MENURUT ROBERT J. STERNBERG (KAJIAN SASTRA BANDINGAN))
21201011011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dengan judul “Tragedi Cinta dalam Novel Mamu Zein dan Drama Romeo Juliet Menurut Robert J. Sternberg (Kajian Sastra Bandingan). Latar belakang dari penelitian ini yaitu, ditemukannya kemiripan yang terdapat pada kedua karya sastra yang diduga adanya keterkaitan, keterpengaruhan antara keduanya. Kemiripan bisa secara kebetulan ataupun sengaja dilakukan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi persamaan, perbedaan tragedi cinta dilihat dari komponen cinta intimacy, passion, commitment, serta mengevaluasi keterpengaruhan latar sosial budaya. Penelitian ini bersifat kualitatif, metode yang digunakan adalah metode tematik kemudian menggunakan pendekatan sastra bandingan aliran Prancis. Adapun teori analisis yang digunakan yaitu Teori Segitiga Cinta Robert J. Sternberg (triangular theory of love). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya keterpengaruhan atau dipengaruhi oleh karya terdahulu, salah satunya dipengaruhin oleh naskah drama dari William Shakespier. Dapat diasumsikan bahwa novel Mamu Zein karya dari Al-buthi terpengaruh oleh karyanya milik Nizami kisah Layla Majnu dan juga kisah Romeo Juliet. Sehingga ditemukan beberapa persamaan dan perbedaan tragedi cinta pada novel Mamu Zein dan drama Romeo Juliet. Persamaan adanya keterkaitan dari keduanya yaitu, persamaan pada 1)intimacy jatuh cinta pada pandangan pertama, 2)passion dimabuk cinta, 3)commitmen keabadian cinta. Perbedaan terlihat dari beberapa aspek, yaitu pada tema, latar penokohan, alur dan teradisi. Adapun setelah dilakukan pengidentifikasian pada latar belakang kesejarahan novel dan drama terlihat adanya perbedaan wilayah dari keduanya, Mamu Zein dari dunia bagian timur sedangkan drama Romeo Juliet dari dunia bagian barat eropa, perbedaan agama kepercayaan Islam dan Kristen, pengaruh sosial budaya Romeo dan Juliet menyajikan kisah cinta yang disertai kekerasan, Mamu dan Zein sebagian besar didominasi oleh perasaan jiwa dan diungkapkan dalam syair.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Tatik Mariyatut Tasnimah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Triangular of love; Sastra bandingan; cinta; Intimacy; Passion; Commitment.
Subjects: Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S2)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 11 Jul 2024 10:39
Last Modified: 11 Jul 2024 10:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65858

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum