PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTU MEDIA KODULAR MATERI TUMBUHAN, SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI FASE B KELAS IV MI/SD

Kirana Sekar Pramudhita, NIM.: 20104080035 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTU MEDIA KODULAR MATERI TUMBUHAN, SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI FASE B KELAS IV MI/SD. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTU MEDIA KODULAR MATERI TUMBUHAN, SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI FASE B KELAS IV MI/SD)
20104080035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTU MEDIA KODULAR MATERI TUMBUHAN, SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI FASE B KELAS IV MI/SD)
20104080035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sangat penting ketika pembelajaran IPA menyajikan materi dengan cara yang menyenangkan dan menggunakan contoh-contoh konkret sehingga tidak menimbulkan miskonsepsi pada pemahaman siswa. Sehingga penyampaian materi pembelajaran yang memberikan gambaran nyata secara konkret sangat dibutuhkan untuk materi pembelajaran yang bersifat abstrak khususnya untuk anak SD kelas IV. Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan media pembelajaran yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media pembelajaran interkatif berbantu media kodular yang layak digunakan menuurut para ahli, mengetahui respon calan pengguna terhadap media pembelajaran interktif berbantu kodular dan mengetahui produk akhir dari hasil penelitian. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research & Development (R&D) dengan model 4D (Fourth-D) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan 4 tahap : Define, Design, Develop, Disseminate. Subjek coba yang ada pada penelitian ini yaitu para ahli, guru kelas IV MI/SD dan peserta didik kelass IV MI/SD. Data yang dijabarkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Adapun data kuantitatif terdiri dari validasi para ahli, guru kelas dan peserta didik yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari kegiatan wawancara. Hasil penelitian meliputi : (1) media yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak digunakan. Berdasarkan hasil dari beberapa ahli memperoleh presentase kelayakan sebesar 68% dari validator ahli materi diperoleh presentase kelayakan 46%, dari penilaian ahli teknologi dan informasi diperoleh kelayakan sebesar 73%, penilaian guru diperoleh presentase kelayakan sebesar 50%. (2) Dari hasil percobaan terbatas yang dilakukan terhadap 26 peserta didik diperoleh data bahwa respon mereka setelah uji coba penggunaan produk berupa aplikasi pembelajaran interaktif ini adalah sangat positif dengan presentase skor sebesar 92,5%. (3) Produk media yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa media pembelajaran interaktif yang didalamnya memuat materi Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi yang terdiri dari 3 sub bab yang meliputi, bagian-bagian tumbuhan, proses terjadinya fotosintesis dan perkembangbiakan tumbuhan. Produk media yang dibuat berupa aplikasi media pembelajaran interaktif yang didalamnya terdapat beberapa menu kegiatan pembelajaran meliputi menu kegiatan capain pembelajaran, panduan penggunaan, materi, kuis soal, video pembelajaran dan tombol exit. Aplikasi yang dibuat berupa aplikasi yang didalamnya terdapat gambar materi, tampilan materi yang interaktif dan video pembelajaran yang interaktif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Izzatin Kamala, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; kodular; bahan ajar; fotosintesa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 Jul 2024 08:45
Last Modified: 11 Jul 2024 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65859

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum