PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY (AR) DALAM PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN

Elvi Nur Khasanah, NIM.: 20104080061 (2024) PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY (AR) DALAM PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY (AR) DALAM PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN)
20104080061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY (AR) DALAM PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN)
20104080061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yang dikaji, yaitu (1) Mengetahui hasil uji kelayakan modul pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) pada materi sistem pencernaan manusia (2) Mengetahui respon guru dan siswa terhadap modul pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) pada materi sistem pencernaan manusia di kelas V (3) Mengetahui produk akhir modul pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang mengadaptasi model Thiagarajan terdiri dari 4 tahapan yaitu Define, Design, Development, dan Disseminate. Dalam penelitian ini sampai pada tahapan Development dan tidak sampai pada tahapan penyebaran secara luas. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angket yang divalidasi oleh para ahli yaitu ahli materi dan media, penilaian respon guru, dan respon siswa kelas V SD. Teknik analisis data yang dilakukan adalah menggunakan skala Likert untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran dari ahli materi dan media. Sedangkan untuk penilaian respon guru dan siswa menggunakan skala Guttman. Hasil penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa Modul pembelajaran IPA berbasis Augmented Reality (AR) pada sistem pencernaan layak untuk digunakan karena berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi yang memperoleh penilaian dengan kategori sangat baik pada aspek kelayakan legalitas dan moral, kelayakan isi, penyajian, serta kebahasaan dan dari ahli media memperoleh penilaian dengan kategori sangat baik pada aspek desain sampul modul, desain isi modul, serta ukuran modul. Hasil penilaian guru memperoleh respon positif dengan persentase maksimal dan penilaian sampel siswa yang berjumlah 10 orang siswa memperoleh respon positif. Hal tersebut menunjukkan bahwa respon guru dan siswa selaku pengguna modul pembelajaran tergolong positif, sehingga modul pembelajaran berbasis AR berhasil dikembangkan dan layak untuk digunakan sebagai sumber pembelajaran yang baik bagi siswa. Media modul pembelajaran berbasis AR pada materi sistem pencernaan manusia untuk kelas V telah berhasil dikembangkan dengan beberapa spesifikasi, antara lain cover depan dan belakang, kata pengantar, petunjuk penggunaan modul, daftar isi, peta konsep, tujuan CP, inti materi sistem pencernaan yang telah dirancang dalam beberapa aktivitas kegiatan siswa, soal evaluasi, kuis, glosarium, kunci jawaban, lampiran, dan catatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Fitri Yuliawati, S. Pd. Si., M. Pd. Si.
Uncontrolled Keywords: modul pembelajaran; sistem pencernaan manusia; IPAS
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
500 Sains Murni > 500 Ilmu-Ilmu Alam > Pendidikan IPA
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 Jul 2024 09:24
Last Modified: 11 Jul 2024 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65860

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum