MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MUFRADAT BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID STUDI PENGEMBANGAN DENGAN PENDEKATAN TEORI COMPREHENSIBLE INPUT STEPHEN D KRASHEN

Muhammad Rizqi Aulia, NIM.: 21204022031 (2024) MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MUFRADAT BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID STUDI PENGEMBANGAN DENGAN PENDEKATAN TEORI COMPREHENSIBLE INPUT STEPHEN D KRASHEN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MUFRADAT BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID STUDI PENGEMBANGAN DENGAN PENDEKATAN TEORI COMPREHENSIBLE INPUT STEPHEN D KRASHEN)
21204022031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MUFRADAT BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID STUDI PENGEMBANGAN DENGAN PENDEKATAN TEORI COMPREHENSIBLE INPUT STEPHEN D KRASHEN)
21204022031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran bahasa Arab di MTs Ma’arif NU 1 Cilongok masih menggunakan media dan metode pembelajaran yang konvensional seperti buku cetak, papan tulis, spidol, di samping pembelajaran era digital saat ini menuntut guru untuk bergelut dengan teknologi. Tujuan penelitian ini untuk; a) Mengetahui desain multimedia pembelajaran mufradāt bahasa Arab, b) Mengetahui hasil validitas dari para ahli, c) Mengimplementasikan dan mengetahui hasil respon siswa dan guru terhadap produk multimedia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development (RnD). Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab, siswa kelas VII, tata usaha sekolah, ahli media, ahli materi, dan buku ajar. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan skala likert lima, dan analisis butir soal menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Desain multimedia mufradāt bahasa Arab terdiri dari lima tahap; a) Analisis, yakni tahap identifikasi masalah; (b) Desain, meliputi merumuskan indikator pencapaian, mengumpulkan materi, membuat flowchart dan prototipe aplikasi; (c) Pengembangan, yaitu tahap membuat dan memvalidasi aplikasi; (d) Implementasi, uji coba produk kepada guru dan peserta didik; (e) Evaluasi, tahap penilaian kualitas aplikasi. (2) Hasil uji validasi dari para ahli menunjukan; a) Ahli media, mendapat skor 93 dari total skor 100, dengan presentase 93%, maka multimedia termasuk dalam kategori “sangat layak”; (b) Ahli materi, multimedia mendapat skor 80 dari total skor 85, dengan presentase 94%. Sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”; dan (c) Guru, mendapat skor 81 dari total skor 85, dengan presentase 95%. Sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”. Dengan demikian multimedia layak untuk diuji cobakan. (3) Implementasi multimedia dilakukan pada guru, siswa skala terbatas, dan skala luas. Hasil respon guru dan siswa didapatkan dari hasil penilaian kuesioner yang disebar setelah uji coba multimedia. Hasil respon menunjukkan: (a) Respon guru terhadap multimedia diperoleh rata-rata 4,7 dan presentase sebesar 94% pada skala likert lima dalam kategori “sangat baik”. (b) Respon siswa skala terbatas diperoleh skor rata-rata pada keseluruhan aspek sebesar 4,77 dengan presentase sebesar 95,7% pada skala likert lima dalam kategori “sangat baik”. (c) Respon siswa pada skala luas diperoleh skor rata-rata keseluruhan aspek 4,33 dengan presentase 87,8% pada skala likert lima dalam kategori “sangat baik”. Hal ini menunjukkan pembelajaran menggunakan aplikasi multimedia al-Mudakhalat memberi dampak positif dan memudahkan siswa dalam belajar mufradāt bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Comprehensible-Input; Android; Multimedia Pembelajaran
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.78 Bahasa Arab - Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 Jul 2024 09:56
Last Modified: 11 Jul 2024 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65864

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum