REALITAS SOSIAL PEMERINTAHAN TURKI PADA MASA KEKAISARAN OTTOMAN DALAM DRAMA AZ-ZA’ÎM KARYA MUSTHAFÂ MAHMÛD (ANALISIS STRUKTURALISME GENETIK LUCIEN GOLDMAN)

Puja Rahmah, NIM.: 21201011010 (2023) REALITAS SOSIAL PEMERINTAHAN TURKI PADA MASA KEKAISARAN OTTOMAN DALAM DRAMA AZ-ZA’ÎM KARYA MUSTHAFÂ MAHMÛD (ANALISIS STRUKTURALISME GENETIK LUCIEN GOLDMAN). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REALITAS SOSIAL PEMERINTAHAN TURKI PADA MASA KEKAISARAN OTTOMAN DALAM DRAMA AZ-ZA’ÎM KARYA MUSTHAFÂ MAHMÛD (ANALISIS STRUKTURALISME GENETIK LUCIEN GOLDMAN))
21201011010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (REALITAS SOSIAL PEMERINTAHAN TURKI PADA MASA KEKAISARAN OTTOMAN DALAM DRAMA AZ-ZA’ÎM KARYA MUSTHAFÂ MAHMÛD (ANALISIS STRUKTURALISME GENETIK LUCIEN GOLDMAN))
21201011010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dimaksud untuk mengkaji tentang realitas sosial-pemerintahan Turki dalam naskah drama Drama Az-Za’îm Karya Musthafâ Mahmûd. Peneliti tertarik mengkaji topik ini karena peneliti ingin melihat homologi antara fakta yang terselubung di dalam drama yang fakta sejarah yang ada. Penelitian ini menggunakan metode dialektik dengan pendekatan strukturalisme genetik Lucien Goldmann. Masalah yang dibahas meliputi: realiatas dalam teks, pandangan dunia Musthafâ Mahmûd, struktur sosial, dan kelompok sosial yang diwakili oleh pengarang. Data penelitian berupa kalimat atau paragraf, dialog, yang terdapat dalam drama Az-Za’îm Karya Musthafâ Mahmûd. Berdasarkan analisis struktur naskah drama, penulis menemukan realitas yang terdapat dalam teks drama terdiri dari: diskriminasi sosial, kekerasan, serta pemberontakan. Struktur drama Az-Za’îm Karya Musthafâ Mahmûd mengekspresikan pandangan dunia humanisme. Lewat tokoh penduduk kerajaan, Musthafâ Mahmûd mengomentari sejarah yang beredar dan menolak keras segala bentuk penindasan, deskriminasi yang dilakukan oleh pemerintah karena bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan yang ideal. Pandangan dunia yang ditampilkan Musthafâ Mahmûd adalah pemberontakan yang terjadi disebabkan diskriminasi yang mereka rasakan. Penulis menemukan homologi antara struktur drama dengan struktur sosial tempat drama tersebut dilahirkan yang membentuk pandangan dunia Musthafâ Mahmûd dalam mengekspresikan pandangan dunia kebebasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Jarot Wahyudi, S.H. M.A.,
Uncontrolled Keywords: Fakta Kemanusian; Pandangan Dunia; Subjek Kolektif; Dialektika Historis.
Subjects: Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S2)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 11 Jul 2024 11:41
Last Modified: 11 Jul 2024 11:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65865

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum