NILAI-NILAI MOTIVASI PADA LIRIK LAGU IḤLAM MA’ĀYĀ, YĀ RAB, DAN LĀ TABKI (Kajian Semiotika Charles Sanders Peirce)

Amanina Athifatu Ar Rofi’i, NIM.: 21201011001 (2023) NILAI-NILAI MOTIVASI PADA LIRIK LAGU IḤLAM MA’ĀYĀ, YĀ RAB, DAN LĀ TABKI (Kajian Semiotika Charles Sanders Peirce). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI MOTIVASI PADA LIRIK LAGU IḤLAM MA’ĀYĀ, YĀ RAB, DAN LĀ TABKI (Kajian Semiotika Charles Sanders Peirce))
21201011001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI MOTIVASI PADA LIRIK LAGU IḤLAM MA’ĀYĀ, YĀ RAB, DAN LĀ TABKI (Kajian Semiotika Charles Sanders Peirce))
21201011001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Nilai-Nilai Motivasi pada lirik lagu Iḥlam Ma’āyā, Yā Rab, dan Lā Tabki yang dianalisis menggunakan kajian semiotika Charles Sanders Peirce. Lirik lagu tersebut merupakan lirik lagu berbahasa Arab sehingga bisa dikategorikan dalam genre sastra Arab dan merupakan sebuah karya sastra. Lagu pertama berisi tentang penekanan akan pentingnya kita membuat mimpi dalam kehidupan kita. Lagu kedua menceritakan tentang munajat seorang hamba kepada Tuhannya atas dosa-dosa yang telah diperbuatnya. Lagu ketiga mengisahkan tentang nasihat seorang ayah kepada anaknya. Selain itu, di dalam lagu-lagu tersebut juga berisikan nilai-nilai motivasi baik yang tersirat maupun tersurat. Oleh karena itu semiotika Charles Sanders Peirce dianggap cocok untuk meneliti lirik lagu tersebut karena nilai-nilai motivasi pada lirik lagu dapat diwujudkan dalam bentuk tanda. Dalam penelitian ini, peneliti mengajukan sebuah rumusan masalah yaitu bagaimana wujud nilai-nilai motivasi pada lirik lagu Iḥlam Ma’āyā, Yā Rab, dan Lā Tabki berdasarkan teori semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa beberapa kata maupun kalimat pada lirik lagu Iḥlam Ma’āyā, Yā Rab, dan Lā Tabki memiliki makna-makna simbolik yang diklasifikasikan pada konsep trikotomi Charles Sanders Peirce yaitu berupa sign/ representament, object, dan interpretant. Kemudian pada ketiga lirik lagu tersebut juga ditemukan nilai-nilai motivasi dalam bentuk optimisme dan cinta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Ibnu Burdah, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Motivasi; Lirik Lagu; Semiotika Charles Sanders Peirce
Subjects: Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S2)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 11 Jul 2024 14:44
Last Modified: 11 Jul 2024 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65872

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum