INTERNALISASI NILAI-NILAI PROFETIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI HABIT FORMING DI SMK MUHAMMADIYAH SALAMAN MAGELANG

Nur Hanifah Wijayanti, NIM.: 22204011005 (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI PROFETIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI HABIT FORMING DI SMK MUHAMMADIYAH SALAMAN MAGELANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI PROFETIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI HABIT FORMING DI SMK MUHAMMADIYAH SALAMAN MAGELANG)
22204011005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI PROFETIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI HABIT FORMING DI SMK MUHAMMADIYAH SALAMAN MAGELANG)
22204011005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya internalisasi nilai-nilai profetik dalam membentuk karakter peserta didik yang mana saat ini Indonesia sedang mengalami dekadensi karakter khususnya pada kalangan pelajar. Salah satu program yang efisien digunakan untuk menguatkan karakter yaitu dengan menggunakan metode habit forming (pembiasaan) di lingkungan sekolah baik di dalam kelas maupun luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui internalisasi nilai profetik dalam membentuk karakter peserta didik melalui habit forming di SMK Muhammadiyah Salaman Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber primer dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik yang dikemukakan oleh Milles, Huberman, dan Saldana melalui tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, konsep nilai profetik dalam membentuk karakter di SMK Muhammadiyah Salaman adalah menjalankan kehidupan sesuai dengan ajaran Rosul yaitu amar ma’ruf nahi munkar serta bertaqwa pada Allah. Kedua, proses internalisasi nilai-nilai profetik dalam membentuk karakter peserta didik melalui metode habit forming di SMK Muhammadiyah Salaman dapat dilihat dari kegiatan-kegiatan pembiasaan yang mengandung nilai profetik, diantaranya nilai Transendensi yaitu sholat dzuhur dan ashar berjamaah, sholat dhuha, hafalan do’a harian, hafalan do’a sholat, hafalan do’a sholat jenazah, dan tadarus Al Qur’an yang dilaksanakan setiap hari. Nilai profetik Humanisasi yang ditanamkan melalui kegiatan kemanusiaan seperti bakti sosial masyarakat, menjenguk teman yang sakit, infaq hari Jum’at, berqurban di hari Idul Adha, berbagi takjil di jalan, dan pengajian kelas. Liberasi (kebebasan) yang ditanamkan sekolah melalui kegiatan pembiasaan seperti kebebasan berpendapat, kebebasan memilih program bakat dan minat, serta kebebasan dalam berwirausaha. Ketiga, Dampak dari internalisasi nilai nilai profetik yaitu: taat kepada Allah, bertanggung jawab, disiplin ibadah, rela berkorban, keikhlasan, kreatif, bekerja keras, mandiri, komunikatif, dan sopan santun dalam berbicara.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Usman, SS., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kokurikuler; prophetic values; character; habit forming
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Jul 2024 10:49
Last Modified: 15 Jul 2024 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65879

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum