PENGEMBANGAN DIRI MAHASISWA MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DALAM KEWIRAUSAHAAN MELALUI MATA KULIAH EDUPRENEURSHIP

Khoirunnisaa Sholihah Luthfi Alya’, NIM.: 22204011054 (2024) PENGEMBANGAN DIRI MAHASISWA MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DALAM KEWIRAUSAHAAN MELALUI MATA KULIAH EDUPRENEURSHIP. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN DIRI MAHASISWA MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DALAM KEWIRAUSAHAAN MELALUI MATA KULIAH EDUPRENEURSHIP)
22204011054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN DIRI MAHASISWA MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DALAM KEWIRAUSAHAAN MELALUI MATA KULIAH EDUPRENEURSHIP)
22204011054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dan hasil pengembangan diri mahasiswa dalam kewirausahaan melalui mata kuliah edupreneurship. Melalui fokus pada intregrasi pendidikan dan kewirausahaan, penelitian ini tidak hanya mengeksplorasi dampak teoritis edupreneurship, tetapi juga menganalisis implikasi dalam membentuk karakter, keterampilan dan perspektif mahasiswa tentang peran kewirausahaan dalam mengatasi tantangan di era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) yang berperan untuk meningkatkan adaptabilitas, inovasi dan kompetensi mahasiswa serta memberikan kontribusi penting bagi pengembangan kurikulum pendidikan tinggi dan pembentukan gerasi pemimpin masa depan yang adaptif dan berdaya saing tinggi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case studies). Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Sumber data menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder, sumber data primer yaitu wawancara dengan 8 mahasiswa, 1 dosen pengampu mata kuliah edupreneurship dan 1 Kepala Program Studi Magister PAI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Uji keabsahan data pada penelitian ini yaitu dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman diantaranya kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Mata kuliah edupreneurship di Program Studi Magister PAI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bertujuan mengembangkan diri mahasiswa yang siap menghadapi dunia kerja. Program ini memadukan pendidikan dengan kewirausahaan, memberikan pemahaman dan keterampilan praktis dalam mengimplementasikan kewirausahaan pendidikan Islam. Proses Pembelajaran menggunakan RPS sebagai acuan, dengan metode Inkuiri, Pembelajaran Berbasis Masalah, dan Pembelajaran Berbasis Proyek, sumber belajar berupa literatur jurnal dan pengalaman mahasiswa, dan evaluasi pembelajaran berupa jurnal, keaktifan mahasiswa dan proyek webinar online ; 2) Mata kuliah edupreneurship di Prodi Magister PAI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terbukti berhasil menjadi salah satu sarana pengembangan diri mahasiswa sehingga melalui mata kuliah edupreneurship mahasiswa mampu mengembangkan potensi diri, menumbuhkan mindset positif, meningkatkan keterampilan kewirausahaan, kreativitas, dan inovasi, melalui proyek kolaboratif juga menumbuhkan semangat berwirausaha, sehingga mahasiswa dapat memiliki tujuan hidup yang terarah sesuai dengan passion yang dimiliki. Selain itu terdapat dampak mata kuliah edupreneurship bagi mahasiswa secara psikologis dengan memberikan dorongan untuk mengembangkan potensi, meningkatkan semangat dan kepercayaan diri, secara ekonomis dengan memperoleh pendapatan, pemahaman strategi pemasaran dan mengidentifikasi peluang sektor pendidikan Islam dan dampak sosial meliputi menjadi agen perubahan, memperkuat jaringan dan kolaborasi serta menciptakan peluang kerja di tingkat lokal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muqowim, S.Ag.,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Self-Development; Entrepreneurship; Edupreneurship
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
Wirausaha
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Jul 2024 11:16
Last Modified: 15 Jul 2024 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65882

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum