INTEGRASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL RIMPU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS SILA KECAMATAN BOLO KABUPATEN BIMA

Nur Faizi, NIM.: 22204011063 (2024) INTEGRASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL RIMPU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS SILA KECAMATAN BOLO KABUPATEN BIMA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL RIMPU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS SILA KECAMATAN BOLO KABUPATEN BIMA)
22204011063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL RIMPU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS SILA KECAMATAN BOLO KABUPATEN BIMA)
22204011063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Di era modern ini, masyarakat dihadapkan pada penurunan nilai moral yang mendalam yang diakibatkan oleh transformasi media informasi, terutama internet, yang telah menjadi sumber utama pengaruh. Dalam konteks ini, remaja, yang rentan terhadap arus globalisasi, tampaknya menjadi kelompok yang paling terpapar. Mereka menunjukkan perilaku yang menyimpang dari norma-norma sosial yang mapan, seperti penggunaan bahasa yang kurang sopan dan penampilan yang mengabaikan kesopanan tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan sejarah dan filosofi kearifan lokal rimpu; 2) Mengkaji mengapa kearifan lokal rimpu dijadikan program pendidikan karakter di MTs Sila Kecamatan Bolo Kabupaten Bima; 3) Mendeskripsikan proses pengimplementasian pendidikan karakter melalui kearifan lokal rimpu di MTs Sila Kecamatan Bolo Kabupaten Bima; dan 4) Menemukan problem dalam pengimplementasian pendidikan karakter melalui kearifan lokal rimpu di MTs Sila Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan desain penelitian field research (penelitian lapangan) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan model Miles dan Huberman, diantaranya kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan ialah teori pendidikan karakter dari Thomas Lickona, diantaranya yang menjelaskan tentang moral knowing, moral feeling dan moral action. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Rimpu muncul dikarenakan adanya islamisasi di Bima pada tahun 1640 M. Rimpu berfungsi sebagai pakaian penutup aurat sesuai dengan prinsip-prinsip Islam, dan juga sebagai manifestasi dari moral, etika, dan kehormatan dalam kehidupan masyarakat Bima.; 2) MTs Sila mengadopsi kearifan lokal Rimpu untuk program pendidikan karakter guna membangun kembali kesopanan dalam budaya dan perilaku anak-anak masa kini. Pengembangannya mencakup lima aspek utama pendidikan karakter yang terintegrasi dengan kearifan lokal Rimpu; 3) Implementasi pendidikan karakter di MTs Sila meliputi perencanaan (mengacu pada visi misi, rapat internal, sosialisasi), pelaksanaan (keteladanan, ceramah bahasa Mbojo, pengenalan kearifan lokal Rimpu), dan pengawasan (pemantauan sikap/perilaku, melibatkan wali murid); 4) Problem dalam pengimplementasian pendidikan karakter di MTs sila meliputi: kurangnya keterlibatan orang tua/wali murid, dan kurangnya kesadaran peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nur Saidah, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Character Education; Local Wisdom; Rimpu; Integration of values
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Jul 2024 11:31
Last Modified: 15 Jul 2024 11:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65887

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum