PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PEMBELAJARAN NAHWU BERBASIS SMART APPS DI UNIVERSITAS NAHDATUL ULAMA YOGYAKARTA

Fityatul Mujahidah Lubis, NIM.: 22204021014 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PEMBELAJARAN NAHWU BERBASIS SMART APPS DI UNIVERSITAS NAHDATUL ULAMA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PEMBELAJARAN NAHWU BERBASIS SMART APPS DI UNIVERSITAS NAHDATUL ULAMA YOGYAKARTA)
22204021014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PEMBELAJARAN NAHWU BERBASIS SMART APPS DI UNIVERSITAS NAHDATUL ULAMA YOGYAKARTA)
22204021014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan mahasiswa semester dua jurusan SII UNU Yogyakarta dalam menentukan kedudukan kalimat bahasa Arab hal ini disebabkan mahasiswa jarang membuka materi nahwu dan pada saat dikelas mahasiswa tidak di vasilitasi media pembelajaran. hal ini menyebabkan ingatan terhadap kaedah-kaedah ’ilmu nahwu menjadi berkurang. oleh karena itu, adanya penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media audio visual pembelajaran nahwu berbasis Smart Apps pada mahasiswa semester dua jurusan SII UNU Yogyakarta; (2) Mengetahui efektivitas media audio visual pembelajaran nahwu berbasis Smart Apps pada mahasiswa semester dua jurusan SII UNU Yogyakarta. Penelitian ini termasuk kategori penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (rancangan), Development (mengembangkan), Implementation (penerapan), Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, angket dan tes. Berdasarkan tahapan tersebut telah menghasilkan media audio visual pembelajaran nahwu berbasis Smart Apps yang telah lolos uji validasi oleh ahli media dan ahli materi. Berdasarkan validasi atau penilaian dari ahli materi pada media pembelajaran berupa aplikasi asy-syifa yang dikembangkan, total nilai yang diperoleh 59 dari 85 total poin dengan persentase nilai sebesar 69%. Penilaian dari ahli materi pada media pembelajaran berupa aplikasi asy-syifa yang dikembangkan, total nilai yang diperoleh 98 dari 105 total poin dengan persentase nilai sebesar 82%. Dari data tersebut dinyatakan bahwa produk yang dikembangkan dalam aplikasi pembelajaran layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dengan revisi. Berdasarkan hasil analisis angket pre-tes dan post-tes sebelum dan sesudah mengggunakan media audio visual pembelajaran nahwu asy-syifa pada mahasiswa semester dua jurusan Studi Islam Interdisipliner Yogyakarta dengan teknik analisis Paired Sampel T-test dihasilkan nilai signifikansi pada ig.(2-tailed) sebesar 0.000 artinya nilai signifikansi < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulannya terdapat perbedaan yang positif dan signifikan dalam penggunaan media audio visual pembelajaran nahwu berbasis Smart Apps pada mahasiswa dari sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Dari hasil perhitungan uji N-Gain Score diketahui bahwa nilai N-Gain Score dari pre-tes dan post-tes mahasiswa semester dua jurusan studi islam interdisipliner UNU Yogyakarta pada data mean (rata-rata) sebesar 0.6133 dengan N-Gain persen 61%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa tingkat efektifitas penggunaan media audio visual pembelajaran nahwu berbasis Smart Apps yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah “cukup efektif”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing; Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Smart Apps; Audio Visual; aplikasi pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Jul 2024 11:41
Last Modified: 15 Jul 2024 11:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65891

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum