PENGEMBANGAN MEDIA “WAYANG TALK ARABIC” DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MTs NURUSSALAM TERSONO-BATANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Eliana Pangestika, NIM.: 22204021016 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA “WAYANG TALK ARABIC” DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MTs NURUSSALAM TERSONO-BATANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA “WAYANG TALK ARABIC” DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MTs NURUSSALAM TERSONO-BATANG TAHUN AJARAN 2023/2024)
22204021016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA “WAYANG TALK ARABIC” DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MTs NURUSSALAM TERSONO-BATANG TAHUN AJARAN 2023/2024)
22204021016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini adalah belum terdapatnya media pembelajaran bahasa Arab yang berbentuk digital pada Madrasah Tsanawiyyah Nurussalam Tersono. Hal ini dikarenakan beberapa infastuktur teknologi yang terbatas dan lebih mengfokuskan pada kebutuhan dasar, seperti buku teks daripada mengalokasikan sumber daya untuk media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendesain sebuah media pembelajaran bahasa Arab kelas VII MTs Nurussalam Tersono (2) menguji kelayakan efektifitas produk media pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan pendekatan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Nurussalam Tersono-Batang tahun ajaran 2023/2024. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Kemudian data angka yang terkumpul akan di analisis melalui Independent simple T-Test dengan bantuan SPSS 26 untuk mengetahui keefektifitasan media pembelajaran tersebut Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) pengembangan media “Wayang Talk Arabic” dalam pembelajaran bahasa Arab bagi siswa kelas VII MTs Nurussalam Tersono-Batang tahun ajaran 2023/2024 menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Tahap awal pada pendekatam ini adalah analisis untuk memahami masalah atau kebutuhan pembelajaran, tahap kedua peneliti mulai mendesain media pembelajaran, tahapan ketiga adalah pengembangan yang merupakan tahap penilaian oleh para ahli, tahap keempat peneliti mengimplementasikan media pembelajaran kepada siswa, tahap akhir pada pendekatan ADDIE adalah evaluasi yang merupakan tahap untuk memberikan penilian terhadap media tersebut. (2) Hasil uji kelayakan media dengan persentase 92% dan ahli materi dengan persentase 93%, keduanya mendapatkan kriteria sangat baik dan keterangan sangat valid. media pembelajaran ini telah diuji keefektivitasannya dengan menggunakan Independent simple T-Test dengan hasil skor 0,000 maka nilai tersebut dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas control dan kelas eksperimen, dengan nilai N-gain score .7755 yang memiliki kategori tinggi Sehingga media pembelajaran bahasa Arab “Wayang Talk Arabic” dapat digunakan pada pembelajaran bahasa Arab guna meningkatkan semangat dan pemahaman peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Agung Setiyawan, S.Pd.I., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Wayang; Bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Jul 2024 11:59
Last Modified: 15 Jul 2024 11:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65892

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum