EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINKING ANAK DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BEBEKAN SEPANJANG SIDOARJO

Zayyana Zahrotul Fitri, NIM.: 22204031002 (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINKING ANAK DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BEBEKAN SEPANJANG SIDOARJO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINKING ANAK DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BEBEKAN SEPANJANG SIDOARJO)
22204031002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINKING ANAK DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BEBEKAN SEPANJANG SIDOARJO)
22204031002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran Project Based Learning di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Bebekan Sepanjang Sidoarjo berfokus pada pengembangan pengalaman belajar anak, kemampuan percaya diri, kreativitas, tanggung jawab, dan keterampilan memecahkan masalah. TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Bebekan Sepanjang Sidoarjo menerapkan model pembelajaran Project Based Learning guna meningkatkan potensi kecerdasan siswanya dalam menghadapi perkembangan zaman. Fokus penelitian adalah menganalisis perbedaan dan keefektivan kemampuan Computational Thinking anak yang menerima pembelajaran Project Based Learning dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian eksperimen berupa Quasi Experimental Design (Matched Group PreTest PostTest Design). Teknik sampling menggunakan Purposive Sampling dengan proses pengumpulan data melalui metode observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data berupa analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji normalitas, homogenitas, pengujian hipotesis dengan uji wilcoxon dan N-Gain Score) Hasil penelitian menunjukkan hipotesis penelitian Ha diterima dan H0 ditolak. Merujuk dari hasil uji wilcoxon terdapat perbedaan yang signifikan (Asymp.Sig 2tailed 0,001<0,05). Selanjutnya, dari hasil uji N-Gain Score pembelajaran Project Based Learning memperoleh hasil rata-rata 84,62% dan pembelajaran konvensional 40,22%. Dapat disimpulkan model Pembelajaran Project Based Learning efektif dalam meningkatkan Computational Thinking anak. Implikasi penelitian ini berupa praktik pendidikan yang menganjurkan peralihan penerapan model pembelajaran yang lebih partisipatif dan konkret sebagai persiapan anak-anak menghadapi tantangan di masa depan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Learning Models; Project Based Learning; Computational Thinking
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Jul 2024 14:26
Last Modified: 15 Jul 2024 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65909

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum