PENCARIAN MAKNA HIDUP TOKOH UTAMA DALAM NOVELA ALZAHAYMAR KARYA GAZI AL-QUSAIBI (Analisis Logoterapi Viktor Frankl)

Ihza Sabila Rasyada, NIM.: 20201012013 (2023) PENCARIAN MAKNA HIDUP TOKOH UTAMA DALAM NOVELA ALZAHAYMAR KARYA GAZI AL-QUSAIBI (Analisis Logoterapi Viktor Frankl). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENCARIAN MAKNA HIDUP TOKOH UTAMA DALAM NOVELA ALZAHAYMAR KARYA GAZI AL-QUSAIBI (Analisis Logoterapi Viktor Frankl))
20201012013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENCARIAN MAKNA HIDUP TOKOH UTAMA DALAM NOVELA ALZAHAYMAR KARYA GAZI AL-QUSAIBI (Analisis Logoterapi Viktor Frankl))
20201012013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang berjudul Pencarian Makna Hidup Tokoh Utama dalam Novela Alzahaymar Karya Gazi Al-Qusaibi (Analisis Logoterapi Viktor Frankl) bertujuan untuk: (1) Mengetahui problem eksistensial tokoh utama dalam novela Alzahaymar; (2) Mengetahui alasan tokoh utama mengalami krisis makna hidup; (3) Mengetahui pencarian makna hidup tokoh utama dalam novela Alzahāymar sebagai seorang penyintas Alzheimer. Novela Alzahaymar menjelaskan bahwa Ya’qub mengalami problem eksistensial. Ia selalu dirundung kehampaan, kesedihan dan bayangan akan kematian. Seiring berjalannya waktu, ia mulai mencari makna hidupnya dengan menjalankan nilai kreatif, nilai penghayatan dan menyikapinya dengan tabah. Nilai dan filosofi yang dihayati oleh Ya’qub tersebut sejalan dengan prinsip-prinsip psikologi eksistensial Viktor Frankl. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan cara kerja deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan pendekatan psikologi sastra yaitu teori logoterapi Viktor Frankl untuk menganalisis pencarian makna hidup tokoh utama dalam novela Alzahaymar serta melihat hubungan keduanya, baik secara teori maupun praktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga proses pencarian makna hidup tokoh utama dalam novela Alzaha<ymar, yakni pengalaman problem eksistensial, penerapan filosofi logoterapi, dan penerapan nilai dalam pencarian makna hidup. (1) Tokoh utama mengalami dua problem eksistensial: vakum eksistensial dan neurosis noogenik. (2) Tokoh utama menerapkan tiga filosofi logoterapi: kebebasan, kehendak dan makna. (3) Tokoh utama menerapkan tiga nilai pencarian makna hidup: nilai-nilai kreatif, nilai pengalaman dan nilai sikap.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Yulia Nasrul Latifi, S.Ag. M.Hum
Uncontrolled Keywords: Logoterapi, Viktor Frankl, Makna Hidup, novela Alzahāymar, Gazi Al-Qusaibi
Subjects: Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S2)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 15 Jul 2024 14:30
Last Modified: 15 Jul 2024 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65912

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum