PILIHAN RASIONAL PETANI TEMBAKAU DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI USAHATANI TEMBAKAU DI DESA TEMPELSARI, KECAMATAN TRETEP, KABUPATEN TEMANGGUNG

Yayang Tri Fatmah, NIM.: 20107020047 (2024) PILIHAN RASIONAL PETANI TEMBAKAU DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI USAHATANI TEMBAKAU DI DESA TEMPELSARI, KECAMATAN TRETEP, KABUPATEN TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PILIHAN RASIONAL PETANI TEMBAKAU DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI USAHATANI TEMBAKAU DI DESA TEMPELSARI, KECAMATAN TRETEP, KABUPATEN TEMANGGUNG)
20107020047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PILIHAN RASIONAL PETANI TEMBAKAU DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI USAHATANI TEMBAKAU DI DESA TEMPELSARI, KECAMATAN TRETEP, KABUPATEN TEMANGGUNG)
20107020047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tembakau merupakan salah satu komoditas yang berpengaruh cukup signifikan terhadap perekonomian di Indonesia dengan perkebunan yang tersebar dalam 15 provinsi di Indonesia dengan perkebunan paling luas berada di Jawa Timur kemudian Jawa Tengah, dan Nusa Tenggara Barat. Namun, dengan persebaran tersebut, pertanian tembakau dihadapkan dengan ancaman penyusutan luas lahan tembakau dan penurunan produksi tembakau sejak tahun 2019 hingga tahun 2022. Keadaan ini semakin merugikan petani degan adanya kenaikan cukai rokok. Hal yang serupa juga dialami oleh petani tembakau di Desa Tempelsari, Kecamatan Tretep, Kabupaten Temanggung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertimbangan petani tembakau di Desa Tempelsari dalam mempertahankan eksistensi usahatani tembakau. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang berusaha untuk menjelaskan dan menggambarkan secara detail mengenai pilihan rasional petani tembakau dalam mempertahankan eksistensi usahatani tembakau. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pilihan rasional James Coleman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pilihan rasional petani tembakau di Desa Tempelsari sangat dipengaruhi oleh tantangan dan hambatan yang mereka hadapi selama melakukan usahatani tembakau. Tantangan dan hambatan tersebut berupa cuaca yang tidak menentu, hama tanaman, modal yang terbatas, fluktuasi harga, persaingan pasar, keterbatasan akses penjualan, dan kebijakan bea cukai yang berdampak pada penurunan produksi tembakau, penurunan kualitas tembakau, penghasilan tidak menentu, penurunan penghasilan, perubahan profesi, dan eksploitasi tenaga kerja. Petani tembakau tetap mempertahankan eksistensi mereka dengan pertimbangan bahwa profesi tersebut telah dijalankan secara turun temurun, keterbatasan akses air saat musim kemarau, dan kekhawatiran untuk beralih profesi lain. Aktor yang dalam penelitian ini adalah petani tembakau telah memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya secara maksimal untuk mencapai tujuan mereka yaitu memenuhi kebutuhan rumah tangga. Penelitian ini menunjukkan bahwa petani tembakau merupakan aktor rasional yang mempertimbangkan berbagai faktor dalam mengambil keputusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Agus Saputro, S.Sos, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pilihan Rasional, Tembakau, Eksistensi, Petani
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 301 Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Jul 2024 14:48
Last Modified: 15 Jul 2024 14:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65919

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum