TINGKAT KOMPETENSI LITERASI DIGITAL GURU KELAS DI MIN 1 BANTUL

Nada Salma Nisrina, NIM.: 17104080042 (2024) TINGKAT KOMPETENSI LITERASI DIGITAL GURU KELAS DI MIN 1 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINGKAT KOMPETENSI LITERASI DIGITAL GURU KELAS DI MIN 1 BANTUL)
17104080042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TINGKAT KOMPETENSI LITERASI DIGITAL GURU KELAS DI MIN 1 BANTUL)
17104080042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kompetensi literasi digital guru kelas di MIN 1 Bantul berdasarkan empat kompetensi literasi digital oleh Paul Gilster (1997). Empat kompetensi tersebut adalah pencarian di internet (Internet Searching), navigasi pandu arah (Hypertextual Navigation), evaluasi konten informasi (Content Evaluation), dan penyusunan pengetahuan (Knowledge Assembly). Penelitian ini memberikan manfaat tentang bagaimana tingkat kompetensi literasi digital guru kelas di MIN 1 Bantul berdasarkan empat kompetensi literasi digital oleh Paul Gilster (1997). Metode penelitian kualitatif deskriptif, proses pengumpulan data melalui angket, observasi, dan wawancara yang melibatkan seluruh guru kelas di MIN 1 Bantul yang berjumlah 24 guru kelas. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Data yang didapat diolah melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kompetensi literasi digital guru kelas di MIN 1 Bantul memperoleh nilai rata-rata 3,87 yang berada dalam kategori baik. Pada kompetensi pencarian di internet (Internet Searching) guru mampu mencari informasi yang mendukung kegiatan pembelajaran melalui internet. Pada kompetensi navigasi pandu arah (Hypertextual Navigation) guru telah memahami cara kerja hyperlink dan hypertext meskipun belum memahami pengertiannya serta memahami perbedaan informasi yang didapatkan dari internet dengan buku teks. Pada kompetensi evaluasi konten informasi (Content Evaluation) guru melakukan analisis terhadap informasi yang didapatkan dari internet dengan memanfaatkan berbagai sumber informasi lain selain dari internet. Pada kompetensi penyusunan pengetahuan (Knowledge Assembly) guru telah memanfaatkan internet untuk kegiatan pembelajaran di kelas serta menggunakan berbagai sumber media untuk menyusun suatu pengetahuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Fitri Yuliawati, S.Pd.Si.,M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Guru Kelas, Kompetensi, Literasi Digital
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375.006 Pendidikan - Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:41
Last Modified: 16 Jul 2024 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65933

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum