PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK UNTUK MENGENALKAN PERILAKU CINTA TANAH AIR BAGI ANAK USIA DINI

Eka Ariyani, NIM.: 22204031016 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK UNTUK MENGENALKAN PERILAKU CINTA TANAH AIR BAGI ANAK USIA DINI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK UNTUK MENGENALKAN PERILAKU CINTA TANAH AIR BAGI ANAK USIA DINI)
22204031016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK UNTUK MENGENALKAN PERILAKU CINTA TANAH AIR BAGI ANAK USIA DINI)
22204031016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan nilai-nilai cinta pada tanah air tercermin dalam partisipasi individu dalam kerja sama, solidaritas, sikap toleransi, penghargaan, dan penghormatan terhadap sesama. Untuk meningkatkan semangat kebangsaan sejak dini, perlu disuntikkan sikap cinta pada tanah air kepada anak-anak. Cinta pada tanah air dianggap sebagai elemen kunci dalam membentuk kepribadian anak-anak, tetapi seringkali mereka memiliki keterbatasan dalam memahami konsep tersebut. Anak-anak saat ini terpapar teknologi dan media sosial yang dapat mengalihkan perhatian mereka dari nilai-nilai cinta tanah air. Selain itu, kurangnya materi pembelajaran kreatif yang dapat memperkenalkan perilaku cinta tanah air kepada anak-anak menjadi masalah serius. Maka hadirlah media Pop-Up Book sebagai upaya untuk mempermudah dalam penyampaian materi pendidikan karakter. Media ini berbentuk buku di dalamnya terdapat gambar yang memberikan efek timbul sehingga media ini menarik bagi anak dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE. Responden dalam pengembangan produk ini adalah anak kelas B1 lembaga TK Negru 2 Yogyakarta sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 20 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan pengukuran skala likert. Uji kelayakan menggunakan rumus presentase yakni NP. Sedangkan untuk uji efektifitas produk menggunakan Uji Wilcoxon, dan uji t dengan model uji one sample group t-test. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Media Pop-up book dapat kembangkan melalui model ADDIE. Hal ini mencakup analisis kebutuhan, Design media tema dalam cerita, dan penentuan Karakter. Development dilakukan dengan pembuatan produk yang disesuaikan dengan hasil design media pop-up book. implementation dilakukan dengan penerapan media pop-up book dalam pembelajaran. evaluation dilakukan dengan kritik dan saran dari validator, serta respon dari guru dan anak didik. (2) media Pop up book dikatakan layak atas penilaian ahli media pertama yang dengan nilai 98 dan ahli media kedua dengan nilai 100. pada hasil penilaian dari ahli materi pertama dan kedua mendaat nilai 96, kemudian pada hasil respon guru terhadap media mendapatkan nilai 100. (3)media dikatakan efektif melalui uji t dengan model uji one sample group t-test dengan nilai 0,001( kurang dari 0,05). Hal ini menunjukan adanya perbedaan sebelum dan sesudah diterapkannya media Pop-Up Book dengan mengenalkan perilaku cinta tanah air bagi anak usia dini,dengan rata-rata 39,25 pada hasil pretest dan 79,45 pada hasil posttes.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj, Hibana,S.ag,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Patriotism Behavior; Early Childhood; pop up book
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:53
Last Modified: 16 Jul 2024 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65938

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum