MUSYKILAH TA’LIIMI MAHARATIL KALAM LADAA THOLABATISH SHOFI TSAAMIN BILMADRASAH AL-ISLAAMIYAH AL-HUKUUMIYAH 10 SLEMAN SANAH DIRAASIYAH 2023-2024.

Inna Cahya, NIM.: 20104020016 (2024) MUSYKILAH TA’LIIMI MAHARATIL KALAM LADAA THOLABATISH SHOFI TSAAMIN BILMADRASAH AL-ISLAAMIYAH AL-HUKUUMIYAH 10 SLEMAN SANAH DIRAASIYAH 2023-2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MUSYKILAH TA’LIIMI MAHARATIL KALAM LADAA THOLABATISH SHOFI TSAAMIN BILMADRASAH AL-ISLAAMIYAH AL-HUKUUMIYAH 10 SLEMAN SANAH DIRAASIYAH 2023-2024.)
20104020016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MUSYKILAH TA’LIIMI MAHARATIL KALAM LADAA THOLABATISH SHOFI TSAAMIN BILMADRASAH AL-ISLAAMIYAH AL-HUKUUMIYAH 10 SLEMAN SANAH DIRAASIYAH 2023-2024.)
20104020016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari adanya kesulitan atau problematika pada proses pembelajaran bahasa Arab khususnya pada pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas 8 MTs Negeri 10 Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran bahasa Arab dan menemukan solusi yang efektif bagi guru dan siswa untuk menghadapi problematika yang terjadi dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek pada penelitian ini terdiri dari siswa kelas 8 sejumlah 24 siswa dan guru bahasa Arab di MTs Negeri 10 Sleman. Pengumpulan data pada penelitian ini didapat melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman atau analisis data flow model melalui teknik kondensasi data, display data, dan conclusion drawing (kesimpulan). Sedangkan untuk menguji keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa problematika yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab terdiri dari dua aspek, yaitu aspek linguistik berupa tidak familiarnya siswa terhadap tata bunyi bahasa Arab dan kesulitan dalam menghafal kosa kata dan gramatika Arab, sedangkan untuk aspek non-linguistik berupa perbedaan latar belakang pendidikan siswa (terdapat siswa yang berasal dari SD Negeri) dimana siswa tidak mengenal bahasa Arab sebelumnya, kurangnya minat dan motivasi siswa, kurangnya lingkungan belajar siswa, kurangnya alokasi waktu pembelajaran bahasa Arab, dan materi pada buku ajar yang sulit dipahami oleh siswa (terdapat beberapa kalimat yang tidak memiliki harokat). Upaya yang bisa dilakukan oleh guru dan murid sebagai solusi dalam mengatasi problematika yang ada adalah sebagai berikut: bagi guru adalah dengan mengenalkan lebih dalam tata bunyi, kosa kata, hingga tata kalimat kepada siswa, memisahkan siswa sesuai dengan abilitasnya supaya pembelajaran lebih maksimal, meningkatkan minat dan motivasi siswa, memfasilitasi dan memperhatikan siswa dalam pembelajaran, serta menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dapat memaksimalkan pembelajaran siswa. Sedangkan bagi siswa yaitu dengan memperbanyak bacaan dan mendengarkan percakapan bahasa Arab, berlatih mempraktikan percakapan berbahasa Arab, dan meminta bimbingan kepada guru bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Agung Setiyawan, S.Pd.I., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pembelajaran, Bahasa Arab, Keterampilan Berbicara
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:55
Last Modified: 16 Jul 2024 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65939

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum