ABA (APPLIED BEHAVIOUR ANALYSIS) BERBASIS MEDIA REAL OBJECT (KONKRET) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK DENGAN AUTISME DI SEKOLAH INKLUSI ISLAM PELANGI ANAK NEGERI YOGYAKARTA

Ias Nugrahani, NIM.: 22204031019 (2024) ABA (APPLIED BEHAVIOUR ANALYSIS) BERBASIS MEDIA REAL OBJECT (KONKRET) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK DENGAN AUTISME DI SEKOLAH INKLUSI ISLAM PELANGI ANAK NEGERI YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ABA (APPLIED BEHAVIOUR ANALYSIS) BERBASIS MEDIA REAL OBJECT (KONKRET) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK DENGAN AUTISME DI SEKOLAH INKLUSI ISLAM PELANGI ANAK NEGERI YOGYAKARTA)
22204031019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ABA (APPLIED BEHAVIOUR ANALYSIS) BERBASIS MEDIA REAL OBJECT (KONKRET) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK DENGAN AUTISME DI SEKOLAH INKLUSI ISLAM PELANGI ANAK NEGERI YOGYAKARTA)
22204031019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berinteraksi sosial yang baik sangat penting untuk membantu anak-anak dengan ASD berintegrasi dalam lingkungan sosial mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana pelaksanaan metode ABA (Applied Behaviour Analysis) di Sekolah Inklusi Islam Pelangi Anak Negeri Yogyakarta dan pengaruh media real object (konkret) dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak dengan autism. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, one group pretest posttest design dengan uji t (t-test). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 8 anak dengan diagnosis autis ringan sampai sedang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi non partisipan dengan menggunakan alat ukur penilaian Autism Treatment Evaluation Checklist (ATEC) yang peneliti kembangkan dari Bernard Rimland dan Stephen M. Edelson dari Autism Research Institute. Berdasarkan hasil uji validitas konten dan perhitungan statistic menggunakan SPSS Windows 16, didapati bahwa 12 instrumen penilaian ATEC yang digunakan dikatakan valid, rhitung > dari rtabel (uji 2 sisi dengan sig. 0,05). Sekolah Inklusi Islam Pelangi Anak Negeri Yogyakarta sudah menerapkan metode ABA pada tahun ajaran 2023/2024 dengan seorang terapis yang merangkap menjadi guru. Penerapan terapi ABA dilaksanakan setiap dua minggu sekali dengan durasi kurang lebih 15 menit. Perbandingan nilai pretest dan posttest, masing-masing dengan skor rata-rata 22,375 dan 44,625, penelitian dilapangan menemukan bahwa penggunaan terapi ABA berbasis media konkret memiliki efek yang signifikan pada peningkatan kemampuan interaksi sosial anak autis. Hasil uji t-test terhadap kemampuan berinteraksi anak autis dengan terapi ABA melalui media konkret bahwa Ha diterima, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara meningkatkan kemampuan anak autis dalam berinteraksi sosial dengan terapi ABA (Applied Behaviour Analysis) melalui media konkret. Nilai rata-rata N-Gain pretest-posttest terhadap kemampuan berinteraksi sosial pada anak autis sebesar 0,80440. Jika diinterpretasikan sesuai dengan kriteria N-Gain apabila 0.70 < N-Gain ≤ 1.00 menunjukkan hasil 0.84242, dapat disimpulkan bahwa terapi ABA (Applied Behaviour Analysis) melalui media konkret terhadap kemampuan berinteraksi anak autis pada penelitian ini dalam kategori tinggi dengan demikian media tersebut efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si.
Uncontrolled Keywords: real object (concrete) media; social interaction; autism
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.9 Pendidikan Khusus/Pendidikan Inklusi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:58
Last Modified: 16 Jul 2024 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65941

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum