PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA

Muhamad Ibrahim, NIM.: 20104040052 (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA)
20104040052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA)
20104040052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika. Namun kenyataannya, pembelajaran matematika yang dilakukan di sekolah masih dianggap kurang melatih kemampuan berpikir kritis. Penggunaan media pembelajaran yang sesuai merupakan salah satu inovasi dalam pembelajaran yang mampu memfasilitasi kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan guna mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis android untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Aplikasi dikembangkan menggunakan bantuan perangkat lunak articulate storyline 3 yang memuat materi barisan dan deret untuk jenjang SMA. Model penelitian pengembangan ini adalah 4D. Tahap 4D meliputi design, define, develop, dan disseminate. Instrumen pengambilan data menggunakan lembar validasi, angket dan tes soal pada materi barisan dan deret. Kriteria kelayakan kualitas aplikasi ini yaitu dengan mendapat kategori minimal baik dari hasil validitas ahli media dan materi, mendapat kategori minimal praktis untuk kepraktisan penggunaan dan mendapatkan persentase kelulusan siswa minimal sebesar 60% untuk keefektifan aplikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah aplikasi pembelajaran bernama Al-Baret “Aplikasi Pembelajaran Barisan dan Deret” yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Aplikasi ini telah melewati penilaian validasi terkait materi dan media, uji kepraktisan penggunaan dan uji keefektifan aplikasi. Hasil dari penilaian ahli materi mendapatkan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 4,45 dengan kategori sangat baik dan hasil penilaian ahli media memeroleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,7 dengan kategori baik. Hasil kepraktisan penggunaan berdasarkan penilaian dari guru mendapatkan persentase skor sebesar 91,33% dengan kategori sangat praktis dan hasil penilaian kepraktisan penggunaan dari siswa memeroleh persentase sebesar 80,69% dengan kategori praktis. Hasil uji keefektifan didapatkan bahwa 20 siswa atau 65% lulus KKM. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa aplikasi yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan terkait validitas materi dan media, kepraktisan penggunaan dan keefektifan aplikasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Raekha Azka, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Pembelajaran, Aplikasi Android, Kemampuan Berpikir Kritis, Barisan dan Deret
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Jul 2024 09:33
Last Modified: 16 Jul 2024 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65945

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum