REPRESENTASI KEMARAHAN TERHADAP KEBIJAKAN LUAR NEGERI AMERIKA DI IRAK DAN PALESTINA PADA PUISI IRḤAL WA ‘ĀRUK FĪ YADĪK KARYA FARUQ JUWAIDAH (Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough)

Azwar, NIM.: 19201010007 (2023) REPRESENTASI KEMARAHAN TERHADAP KEBIJAKAN LUAR NEGERI AMERIKA DI IRAK DAN PALESTINA PADA PUISI IRḤAL WA ‘ĀRUK FĪ YADĪK KARYA FARUQ JUWAIDAH (Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REPRESENTASI KEMARAHAN TERHADAP KEBIJAKAN LUAR NEGERI AMERIKA DI IRAK DAN PALESTINA PADA PUISI IRḤAL WA ‘ĀRUK FĪ YADĪK KARYA FARUQ JUWAIDAH (Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough))
19201010007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (REPRESENTASI KEMARAHAN TERHADAP KEBIJAKAN LUAR NEGERI AMERIKA DI IRAK DAN PALESTINA PADA PUISI IRḤAL WA ‘ĀRUK FĪ YADĪK KARYA FARUQ JUWAIDAH (Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough))
19201010007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul Representasi Kemarahan Terhadap Kebijakan Luar Negeri Amerika Di Irak Dan Palestina pada Puisi Irḥal Wa ‘Āruk Fī Yadīk karya Faruq Juwaidah bertujuan untuk menemukan representasi dari kemarahan akibat kebijakan luar negeri Amerika di Timur Tengah Khususnya di kawasan Irak dan Palestina. Penderitaan yang dialami masyarakat Irak ketika Invasi Amerika ke Irak dituangkan dengan baik pada puisi Irḥal Wa ‘Āruk Fī Yadīk karya Faruq Juwaidah. Penelitian ini mengungkap representasi kemarahan dengan menggunakan Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough. penelitian di dasari bagaimana sikap Faruq Juwaidah yang selama ini dikenal dengancorak gaya penulisan Puisi Romantisme, Tapi di Puisi ini mencoba untuk Keluar dari Rasa Nyaman dengan menyampaikan puisi yang bercirikan keresahan dan kemarahan terhadap invasi di negeri Irak pada 2003. Sebagai seorang jurnalis Faruq mengedarkan Puisinya di media massa dan di bacakan di kanal acara TV nasional Mesir. Hasil Penelitian ini ditemukannya unsur teks penyusun puisi Irḥal Wa ‘Āruk Fī Yadīk yang memiliki beragam majas diantaranya majas simile, repetisi, personifikasi, metafora, dan retorik. Pada praktik wacana di temukannya isu perlakuan kurang menyenangkan tentara Amerika berkaitan dengan Penjara Abu Gharib sebagai tempat penyiksaan bagi tahanan, dan isu dibalik alasan invasi Amerika ke Irak yang bersandar pada kebohongan. Pada aspek representasi kemarahan dapat ditemukan adanya kecaman terhadap kebijakan Invasi yang membunuh banyak nyawa yang tidak bersalah, ketidak stabilan kodisi sosial di Irak memunculkan kelompok teroris ISIS yang berbahaya bagi masyarakat Irak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Witriani, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kemarahan; Analisis Wacana Kritis; Faruq Juwaidah; Irḥal Wa ‘Āruk Fī Yadīk
Subjects: Kesusastraan Arab > Puisi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S2)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 16 Jul 2024 13:58
Last Modified: 16 Jul 2024 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65960

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum