PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ASSEMBLR EDU BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) IPAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN DAYA RETENSI SISWA MI/SDPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ASSEMBLR EDU BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) IPAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN DAYA RETENSI SISWA MI/SD

Muhammad Najib, NIM.: 22204081029. (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ASSEMBLR EDU BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) IPAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN DAYA RETENSI SISWA MI/SDPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ASSEMBLR EDU BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) IPAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN DAYA RETENSI SISWA MI/SD. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ASSEMBLR EDU BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) IPAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN DAYA RETENSI SISWA MI/SDPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ASSEMBLR EDU BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) IPAS UNTUK MENINGKAT)
22204081029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ASSEMBLR EDU BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) IPAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN DAYA RETENSI SISWA MI/SDPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ASSEMBLR EDU BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) IPAS UNTUK MENINGKAT)
22204081029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk 1) menganalisis karakteristik dan kualitas produk hasil pengembangan media AR IPAS siswa Kelas IV berdasarkan penilaian reviewer; 2) mengimplementasikan produk pengembangan media pembelajaran AR IPAS untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan daya retensi siswa Kelas IV; 3) menganalisis keefektifan produk hasil pengembangan media pembelajaran AR IPAS untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan daya retensi siswa Kelas IV. Penelitian menggunakan metode penelitian pengembangan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu; Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, lembar validasi, lembar penilaian dan tes. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan validasi produk oleh para ahli. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data penilaian produk oleh guru dan uji efektivitas produk dilakukan dengan membandingkan skor pretest dan posttest menggunakan uji paired sample t-test berbantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran AR IPAS memiliki karakteristik dapat mengkombinasikan dunia nyata dan dunia maya, memberikan informasi secara interaktif dan real time, dapat menampilkan dalam bentuk 2D dan 3D, media AR dibuat dengan menggunakan aplikasi Assemblr Edu. Media AR interaktif, efektif, mudah dioperasikan, dan biaya pembuatan yang terjangkau. Namun, media AR sensitif terhadap perubahan sudut pandang, dan membutuhkan banyak memori pada perangkat yang dipasang. Media AR IPAS telah diimplementasikan di SD Negeri Nanggulan dan MI Al-Huda Sleman. Implementasi media AR dilakukan sebanyak lima kali pertemuan, Siswa antusias dan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, siswa juga dapat mengeksplorasi konsep secara langsung. Produk media AR IPAS terbukti efektif dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan daya retensi siswa. Uji paired sample t-test pada dua kelas (SD Negeri Nanggulan dan MI Al-Huda Sleman) menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05, sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan pada keterampilan berpikir kritis dan daya retensi sebelum dan sesudah menggunakan media AR.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing; Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: learning media; IPAS; critical thinking; daya retensi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Jul 2024 11:55
Last Modified: 17 Jul 2024 11:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65966

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum