MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DI SMA IT ABU BAKAR BOARDING SCHOOL KULON PROGO

Laili YatulMuyassaroh, NIM: 22204091024 (2024) MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DI SMA IT ABU BAKAR BOARDING SCHOOL KULON PROGO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DI SMA IT ABU BAKAR BOARDING SCHOOL KULON PROGO)
22204091024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DI SMA IT ABU BAKAR BOARDING SCHOOL KULON PROGO)
22204091024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, penting bagi pendidik untukmengakui peran dari kurikulummerdeka dan literasi digital. Kedua konsep ini membawa pendidikan menuju arah yang lebih inklusif, relevan dan sesuai dengan kebutuhan siswa di era digital ini. Dengan mengintegrasikan kurikulum merdeka dan literasi digital, pendidik dapat mempersiapkan generasi muda yang berfikiran terbuka, siap menghadapi perubahan dan mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran manajemen kurikulum merdeka dalam meningkatkan literasi digital di SMA IT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode observasi. Data akan dikumpulkan melalui analisis hasil observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Kemudian diuji keabsahannya dengan melakukan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa manajemen kurikulum merdeka dalam meningkatkan literasi digital di SMA IT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo berhasil mengintegrasikan kurikulum nasional dan kepesantrenan melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Keberhasilan ini tercermin dalam komitmen yang kuat untuk memperkuat literasi digital siswa, kustomisasi kurikulum dan mengembangkan keterampilan guru dalam mengajar literasi digital terutama di kelas 10, seperti pembelajaran berbasis digital, evaluasi penilaian, penggunaan aplikasi LMS, Quiziz, Kahoot dalam pembelajaran, mengerjakan jurnal, majalah untuk dimuat dimajalah sekolah dan mengumpulkan tugas berbentuk digital hal ini dilakukan. Integrasi komprehensif dalam pembelajaran, dukungan pada kegiatan ekstrakurikuler, dan evaluasi terhadap efektivitas program menjadi kunci kesuksesan. Dukungan penuh dari pelatihan khusus untuk guru, keprofesian berkelanjutan, serta infrastruktur teknologi memastikan terwujudnya lingkungan pembelajaran yang responsif terhadap era digital. Penelitian ini dapat memperkuat literasi digital siswa dan mengintegrasikan kurikulum dengan baik. Diharapkan upaya-upaya dalam mengkustomisasi kurikulum, mengembangkan keterampilan guru, serta memfasilitasi pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler terus dilakukan dengan berkelanjutan. Selain itu, evaluasi yang terus-menerus terhadap efektivitas program agar perbaikan dan penyesuaian dapat dilakukan secara tepat. Semua hal ini diharapkan dapat menjaga keberhasilan dan memberikan kontribusi yang lebih besar dalam menghadapi tantangan era digital di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Karwadi, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Curriculum Management; Independent Learning; Digital Literacy
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375.006 Pendidikan - Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Jul 2024 11:54
Last Modified: 17 Jul 2024 11:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65968

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum