PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPAS AUTOPLAY VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD/MI

Rubi AlamsyahMamonto, NIM.: 22204081025 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPAS AUTOPLAY VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD/MI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPAS AUTOPLAY VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD/MI)
22204081025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPAS AUTOPLAY VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD/MI)
22204081025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Guru-guru IPAS di SD/MI masih belum banyak memanfaatkan teknologi pembelajaran, termasuk mengembangkan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan karakteristik dan kualitas produk hasil pengembangan media pembelajaran Autoplay video animasi pada pelajaran IPAS kelas IV; mengimplementasikan media pembelajaran Autoplay animasi pada pelajaran IPAS kelas IV; dan menganalisis keefektifan media Autoplay video animasi untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPAS kelas IV. Penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) digunakan sebagai prosedur penelitian dan pengembangan produk. Data proses dan hasil pengembangan dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, pengisian lembar validasi dan penilaian produk, pengisian angket, dan ujian. Data dipilah menjadi data kualitatif yang dianalisis secara deskriptif dan data kuantitatif yang dianalisis dengan statistik deskriptif untuk menggambarkan kualitas produk, serta uji paired sample t-test berbantuan JASP 0.18.1.0 untuk menguji efektivitas produk dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran Autoplay videoanimasi materi Kebutuhan Hidup Manusia memiliki karakteristik yang dapat mengkobinasikan berbagai media, baik gambar, video, teks, dan flash dalam satu wadah. Media Autoplay ini dinyatakan dapat membuat konsentrasi siswa terpusat penuh pada pembelajaran. Selain itu, media ini mudah dioperasikan dan biaya pembuatannya terjangkau. Media diimplementasikan di SD Negeri Nanggulan danMI Al-Huda Sleman sebanyak lima kali pertemuan. Siswa-siswa nampak sangat antusias mengikuti pembelajaran dan terlibat aktif dalam pembelajaran menggunakan media ini. Hasil uji implementasi media terbukti efektif meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di kedua sekolah. Minat siswa kelas IVSD Negeri Nanggulan secara klasikal mengalami peningkatan dari 59,32% ke 85,21% setelah belajar menggunakan media ini. Demikian halnya di MI Al-Huda, minat siswa meningkat dari 67,61% ke 82,9%. Dilihat dari hasil belajar, uji pairedsample pretest dan posttest di (SD Negeri Nanggulan dan MI Al-Huda) menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,001< 0,05 artinya terdapat perbedaan yangnyata pada hasil belajar sebelum dan setelah siswa belajar menggunakan media autoplay.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: learning media; Autoplay animated videos; IPAS; learning interest; learning outcomes
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Jul 2024 11:49
Last Modified: 17 Jul 2024 11:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65969

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum