ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN IPAS DALAM MENUMBUHKAN SIKAP KERJASAMA DAN KREATIVITAS SISWA

Vega Bintang Rizky, NIM.: 22204081007 (2024) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN IPAS DALAM MENUMBUHKAN SIKAP KERJASAMA DAN KREATIVITAS SISWA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN IPAS DALAM MENUMBUHKAN SIKAP KERJASAMA DAN KREATIVITAS SISWA)
22204081007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN IPAS DALAM MENUMBUHKAN SIKAP KERJASAMA DAN KREATIVITAS SISWA)
22204081007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu model pembelajaran abad-21 yang efektif dalam memfasilitasi pengembangan keterampilan siswa, termasuk sikap kerjasama dan kreativitas. Hasil obervasi dan wawancara mengungkapkan rendahnya sikap kerjasama dan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran IPAS di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Lempuyangan 1. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran IPAS yang dilakukan guru dalam Menumbuhkan Sikap Kerjasama dan Kreativitas Siswa Kelas IV SD Negeri Lempuyangan 1. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Lempuyangan 1. Sumber data pada penelitian ini yaitu siswa kelas IVB, guru kelas dan kepala Sekolah di SD Negeri Lempuyangan 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini untuk menguji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data dengan teknik triangulasi. Teknik triangulasi data dibagi menjadi tiga yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, hasil reduksi data dan penyajian data maka hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan Model PjBL pada pembelajaran IPAS yang dilakukan guru telah terbukti efektif dalam menumbuhkan sikap kerjasama dan kreativitas siswa kelas IV sekolah dasar Negeri Lempuyangan 1. Efektivitas penerapan model PjBL yang dilakukan guru juga sejalan dengan teori yang digunakan dalam penelitian. Faktor pendukung penerapan Model PjBL pada pembelajaran IPAS menurut guru dalam menumbuhkan sikap kerjasama dan kreativitas siswa meliputi dukungan dari guru yang terlatih, ketersediaan sumber daya yang memadai, dan kebijakan sekolah yang mendukung inovasi dalam pembelajaran. Kemudian faktor penghambat menurut dalam penerapan model PjBL yaitu keterbatasan waktu dan ketersediaan sumber belajar, selain itu kurangnya pemahaman tentang model ini menyebabkan ketidakpercayaan atau resistensi terhadap perubahan metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Zainal Arifin Ahmad, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Project-Based Learning Model; Cooperation Attitude; IPAS Learning
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Jul 2024 11:59
Last Modified: 17 Jul 2024 11:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65986

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum