PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN KOMIK DIGITAL FLIPBOOK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Eri Setiawan, NIM.: 22204081009. (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN KOMIK DIGITAL FLIPBOOK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN KOMIK DIGITAL FLIPBOOK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR)
22204081009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN KOMIK DIGITAL FLIPBOOK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR)
22204081009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran IPS yang dilakukan di kelas umumnya masih berpusat pada guru sehingga siswa bosan dengan pembelajaran yang menonton. Sehingga berakibat pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SDN Lempuyangan 1 Yogyakarta. Tujuan penelitian mengkaji pengaruh model Discovery Learning Berbantuan komik digital FlipBook terhadap motivasi dan hasil belajar pada pembelajaran IPS siswa SDN Lempuyagan 1. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SDN Lempuyangan 1 dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas V SDN Lempuyangan 1 yang terdiri dari 2 kelas paralel yaitu kelas VA berjumlah 26 siswa dan kelas VB berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket untuk mengukur hasil belajar dan motivasi siswa. Teknik analisis data melalui uji pra-syarat dan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan SPSS 23. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001, yang lebih kecil dari 0,05, membuktikan adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan Model Discovery Learning berbantuan Komik Digital FlipBook terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di SDN Lempuyangan 1 Yogyakarta. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi guru dan praktisi pendidikan untuk mengadopsi metode pembelajaran inovatif ini guna meningkatkan kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Erni Munastiwi,MM.
Uncontrolled Keywords: discovery learning; FlipBook; learning outcomes; social studies; elementary school
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Jul 2024 12:03
Last Modified: 17 Jul 2024 12:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65988

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum