PENGARUH PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA SD/MI

Fitria Nurliana Zulfa, NIM.: 22204081034 (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA SD/MI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA SD/MI)
22204081034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA SD/MI)
22204081034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya beberapa siswa kelas V MI Qurrota A’yun yang minat belajar dan keterampilan berpikir komputasionalnya masih rendah. Ketika proses belajar mengajar terdapat beberapa siswa yang kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran sehingga menjadi kendala untuk mencapai tujuan pembelajaran. Setelah dilakukan penelusuran, kurang antusiasnya siswa dalam belajar dikarenakan proses belajar yang kurang menarik. Oleh sebab itu, guru menerapkan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada mata pelajaran matematika sebagai jalan alternatif guru untuk meningkatkan minat belajar serta keterampilan berpikir komputasional siswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap minat belajar dan keterampilan berpikir komputasional siswa kelas V MI Qurrota A’yun Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Group Designs dengan metode kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jumlah populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 44 siswa. Kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 22 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang jumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data melalui angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan melakukan uji prasyarat, uji statistik serta uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap minat belajar siswa SD/MI. Dibuktikan dari hasil analisis uji Independen SimpleTest yang menunjukkan nilai Sig.(2-tiled) pada Equal Variance Assumed sebesar 0.006 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap keterampilan berpikir komputasional siswa SD/MI. Dibuktikan dari hasil analisis uji Independen SimpleTest yang menunjukkan nilai Sig.(2-tiled) pada Equal Variance Assumed sebesar 0.039 < 0,05. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap minat belajar dan keterampilan berpikir komputasional siswa SD/MI. Dibuktikan dari hasil analisis uji Multivariat yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar dan keterampilan berpikir komputasional siswa SD/MI.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PEmbimbing: Dr. Siti Fathonah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematics Education (RME); interest in learning
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Jul 2024 12:22
Last Modified: 17 Jul 2024 12:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65989

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum