IMPLIKASI PERATURAN BERBASIS SYARIAT TERHADAP KEBERAGAMAAN KARYAWAN WARUNG MAKAN NASI GORENG TBK YOGYAKARTA

Muhammad Rafif Haryanto, NIM.: 20105020027 (2024) IMPLIKASI PERATURAN BERBASIS SYARIAT TERHADAP KEBERAGAMAAN KARYAWAN WARUNG MAKAN NASI GORENG TBK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLIKASI PERATURAN BERBASIS SYARIAT TERHADAP KEBERAGAMAAN KARYAWAN WARUNG MAKAN NASI GORENG TBK YOGYAKARTA)
20105020027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLIKASI PERATURAN BERBASIS SYARIAT TERHADAP KEBERAGAMAAN KARYAWAN WARUNG MAKAN NASI GORENG TBK YOGYAKARTA)
20105020027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pada era yang serba maju dan penuh inovasi seperti saat ini, berbagai ragam model usaha mudah saja untuk kita temui. Salah satunya adalah usaha dengan berbasis nilai-nilai agama. Warung Makan Nasi Goreng TBK merupakan salah satu bisnis memiliki latar belakang, visi misi, dan tujuan yang berasaskan nilai-nilai Syariat Islam, termasuk juga menggunakan peraturan berbasis Syariat Islam untuk mengatur perilaku budaya kerja bagi karyawannya. Karyawan di Warung Makan Nasi Goreng TBK ini memiliki latar belakang yang beragam, termasuk mereka yang kesulitan menemukan pekerjaan lain dan terpaksa menaati peraturan syariat, serta lulusan pesantren yang beralih dari profesi guru karena alasan finansial. Meskipun awalnya ada keterpaksaan, adaptasi terhadap peraturan ini lambat laun meningkatkan religiositas karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan perilaku keberagamaan para karyawannya ada kaitannya dengan penerapan peraturan berbasis syariat dengan memperhatikan perilaku keberagamaan para karyawan saat bekerja. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan jenis deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi langsung, wawancara kepada pihak terkait, dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh selanjutnya akan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis yang dilakukan menggunakan teori lima dimensi keberagamaan oleh Charles Y. Glock dan Rodney Stark. Glock dan Stark mengkonsepkan lima macam dimensi yaitu dimensi keyakinan (ideologis), dimensi peribadatan (ritualistik), dimensi pengetahuan (intelektualistik), dimensi pengalaman atau eksperiensial, dan dimensi konsekuensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku karyawan Warung Makan Nasi Goreng TBK cukup baik dan berkembang selama bekerja di sana. Penerapan peraturan berbasis syariat juga berdampak pada keberagamaan para karyawan. Implikasi tersebut diantaranya dalam dimensi keyakinan, kelima karyawan meyakini agamanya dengan baik dan patuh atas aturan agamanya. Pada dimensi ritualistik, kelima karyawan melaksanakan ibadah dengan cukup baik. Selain melaksanakan ibadah wajib, beberapa karyawan juga menjalankan ibadah sunnahnya. Pada dimensi pengetahuan, kelima karyawan mengalami peningkatan pengetahuan agama yang dimiliki. Pada dimensi pengalaman, penerapan peraturan seperti sholat dan kajian yang wajib diikuti memberi dampak kepada pengalaman keagamaan yang dirasakan. Tiga dari lima narasumber menyatakan hal yang sama bahwa ada rasa tenang selama dan setelah melaksanakan ibadah. Sedangkan pada dimensi konsekuensial, perilaku kelima subjek karyawan Warung Nasi Goreng TBK dalam bekerja dapat dinilai cukup baik dalam hal pelayanan kepada para pelanggannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Roni Ismail, S.Th.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Peraturan, Karyawan, Keberagamaan
Subjects: 900 Sejarah, Biografi, dan Geografi > 910 Geografi dan Perjalanan > 915.98 Kehidupan Sosial
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Jul 2024 10:37
Last Modified: 19 Jul 2024 10:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66006

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum