TRANSFER OF LEARNING MELAUI MODEL STEM DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Mardan Erwinsyah, NIM.: 22204085011 (2024) TRANSFER OF LEARNING MELAUI MODEL STEM DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TRANSFER OF LEARNING MELAUI MODEL STEM DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI MADRASAH IBTIDAIYAH)
22204085011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TRANSFER OF LEARNING MELAUI MODEL STEM DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI MADRASAH IBTIDAIYAH)
22204085011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan sains di madrasah ibtidaiyah perlu ditingkatkan untuk menumbuhkan pemahaman ilmiah dan kemampuan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) menawarkan solusi inovatif untuk meningkatkan transfer of learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi dan kesiapan guru dalam menerapkan model STEM, serta dampaknya terhadap keterampilan abad ke-21 dan pembelajaran siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model STEM dalam pembelajaran sains di madrasah ibtidaiyah di Kota Yogyakarta. Penelitian ini fokus pada tiga aspek: (1) penerapan Model STEM dalam pembelajaran Sains di Madrasah Ibtidaiyah, (2) Proses transfer of learning terjadi dalam pembelajaran sains dengan model STEM, (3) keterampilan STEM yang ditumbuhkan melalui pembelajaran sains. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini melibatkan 12 guru yang mengajar materi pembelajaran sains pada kelas V, V, VI di Madrasah Ibtidaiyah kota Yogyakarta, yaitu MIN 1 Yogyakarta, MIS Al Islam, MIS Ma'had Islamy dan MI Nurul Ummah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai data pendukung penelitian. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi yang kemudian dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan pada tahap terakhir ialah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, transfer of learning melalui model STEM dapat meningkatkan pemahaman konsep sains dan kemampuan berpikir kritis siswa. Model STEM terbukti efektif dalam menumbuhkan minat dan motivasi siswa untuk belajar sains. Guru-guru di madrasah ibtidaiyah menunjukkan kemampuan yang cukup baik dalam menerapkan skill yang terkait dengan model STEM. Mereka mampu mengintegrasikan sains, teknologi, engineering, dan matematika dalam pembelajaran, serta merancang pembelajaran yang berpusat pada siswa. Model STEM terbukti memiliki dampak inovatif dalam pembelajaran sains. Model ini meningkatkan kreativitas dan kemampuan problem solving siswa, serta mendorong siswa untuk berpikir kritis. Penelitian ini menunjukkan bahwa model STEM dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sains di madrasah ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Prof. Dr. Istiningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Islamic Primary School; Science Learning; STEM
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 Jul 2024 09:02
Last Modified: 19 Jul 2024 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66061

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum