IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI UNIT SATUAN PENDIDIKAN NONFORMAL SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KOTA YOGYAKARTA

Suryanti, NIM.: 22204091002 (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI UNIT SATUAN PENDIDIKAN NONFORMAL SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KOTA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI UNIT SATUAN PENDIDIKAN NONFORMAL SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KOTA YOGYAKARTA)
22204091002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI UNIT SATUAN PENDIDIKAN NONFORMAL SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KOTA YOGYAKARTA)
22204091002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dasar kebijakan, implementasi manajemen dan keberhasilan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Yogyakarta dalam Menerapkan kurikulum Merdeka Belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Kebijakan penerapan kurikulum merdeka belajar di SKB Kota Yogyakarta dilaksanakan dengan menindaklanjuti SK pemerintah dengan penerapan kebijakan kurikulum dengan kriteria yang dipusatkan pada empat faktor komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi: Kedua, Implementasi manajemen kurikulum merdeka belajar dilaksanakan dengan mengaplikasikan fungsi-fungsi manajemen yang secara konseptual memiliki unsur-unsur teori fungsi manajemen POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) yang terukur dan sistematis. Evaluasi dan perbaikan terus menerus menjadi landasan bahwa pelaksanaan kurikulum merdeka belajar evaluasi akhir kurikulum baru dilakukan satu kali, oleh karena itu perlu adanya kegiatan evaluasi secara terus menerus walaupun hasilnya sudah menunjukkan cukup baik dan perlu pengembangan yang maksimal. Ketiga, Sanggar kegiatan belajar (SKB) Kota Yogyakarta telah menunjukan keberhasilan dalam penerapan kurikulum merdeka belajar melalui berbagai inovasi dan kegiatan yang mendukung pembelajaran yang mandiri dan kreatif. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SKB Kota Yogyakarta mencakup sejumlah kegiatan pembelajaran yang berfokus pada pengembangan kompetensi dan karakter Warga belajar sesuai dengan profil pelajar pancasila. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa SKB Kota Yogyakarta berada pada tahap pengembangan dan penyempurnaan dalam penerapan kurikulum merdeka belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Prof. Sangkot Sirait, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: independent learning curriculum; kualitas pendidikan; manajamen kurikulum
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375.006 Pendidikan - Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 Jul 2024 09:38
Last Modified: 19 Jul 2024 09:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66063

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum