MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT MELALUI PROGRAM SEKOLAH GRATIS DI MTs BERBAUR SAPURAN

Ayu Rahmatika Safira Putri, NIM. 22204091019 (2024) MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT MELALUI PROGRAM SEKOLAH GRATIS DI MTs BERBAUR SAPURAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT MELALUI PROGRAM SEKOLAH GRATIS DI MTs BERBAUR SAPURAN)
22204091019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT MELALUI PROGRAM SEKOLAH GRATIS DI MTs BERBAUR SAPURAN)
22204091019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan partisipasi masyarakat dalam suatu lembaga pendidikan merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan suatu program yang sedang atau telah dilaksanakan. Dalam hal ini tentu membutuhkan manajemen hubungan masyarakat yang baik demi tercapainya peningkatan tersebut. MTs BERBAUR Sapuran adalah sekolah swasta yang berlatarbelakang pendidikan gratis. Adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana implementasi dan strategi manajemen humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di MTs BERBAUR Sapuran, 2) bagaimana implementasi sekolah gratis di MTs BERBAUR Sapuran, dan 3) bagaimana keberhasilan manajemen humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di MTs BERBAUR Sapuran. Untuk menjawab persoalan diatas, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyampaian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat empat fungsi manajemen hubungan masyarakat, yaitu (a) perencanaan yang meliputi perencanaan program, fungsional, dan perencanaan secara luas, (b) pengorganisasian yang meliputi penyesuaian tupoksi setiap bidang atau devisi, (c) pelaksanaan yang meliputi, kerjasama dengan pihak internal dan eksternal sekolah, (d) evaluasi yang dilakukan setiap akhir program. Adapun strategi yang dilakukan MTs BERBAUR untuk mencapai tujuan program manajemen hubungan masyarakat salah satunya juga melibatkan para alumni serta wali murid. 2) program sekolah gratis sudah ada sejak awal sekolah didirikan bertujuan untuk meningkatkan kemudahan akses pendidikan bagi masyarakat luas, terkhusus bagi masyarakat kurang mampu dari segi ekonomi. 3) keberhasilan program sekolah gratis tersebut diukur dari meningkatnya partisipasi serta animo masyarakat dibuktikan dengan meningkatnya jumlah peserta didik disetiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Karwadi, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: hubungan masyarakat; sekolah gratis; public relation
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302.5 Hubungan antara Individu dan Masyarakat
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.2 Pendidikan - Manajemen
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 Jul 2024 09:52
Last Modified: 19 Jul 2024 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66068

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum