PENGEMBANGAN E- MODUL PEMBELAJARAN ISTIMA’ DENGAN PENDEKATAN AUDIOLINGUAL PADA MAHASISWA PBA INSUD PACIRAN LAMONGAN

Muhammad Iqbal Trenggono, S.Pd., NIM.: 22204021008 (2024) PENGEMBANGAN E- MODUL PEMBELAJARAN ISTIMA’ DENGAN PENDEKATAN AUDIOLINGUAL PADA MAHASISWA PBA INSUD PACIRAN LAMONGAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E- MODUL PEMBELAJARAN ISTIMA’ DENGAN PENDEKATAN AUDIOLINGUAL PADA MAHASISWA PBA INSUD PACIRAN LAMONGAN)
22204021008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E- MODUL PEMBELAJARAN ISTIMA’ DENGAN PENDEKATAN AUDIOLINGUAL PADA MAHASISWA PBA INSUD PACIRAN LAMONGAN)
22204021008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Beberapa kendala dalam keterampilan mendengar bahasa Arab adalah menyimak tuturan bahasa Arab dari penutur asli, memahami kosa kata kontemporer dan belum tersedianya e-modul pembelajaran yang tersistematis. Berdasarkan hasil wawancara dan kuesioner masalah ini dirasakan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab INSUD Lamongan. Dengan demikian hal inilah yang menjadi penyebab sulitnya mahasiswa memahami materi pembelajaran keterampilan mendengar/menyimak. Oleh karena itu penelitian ini mencoba memberikan solusi dengan mengembangkan sebuah produk berupa e-modul pembelajaran istimā’ dengan pendekatan audiolingual untuk meningkatkan Keterampilan mendengar. Kemudian masalah dalam penelitian yang merupakan jenis Research and Development ini dirumuskan sebagai berikut: 1) Bagaimana desain pengembangan e-modul dengan pendekatan audio-lingual untuk meningkatkan mahārah al-Istimā’ mahasiswa PBA INSUD Lamongan? dan 2) Bagaimana efektivitas e-modul dengan pendekatan audio-lingual untuk meningkatkan Mahārah al-Istimā’ mahasiswa PBA INSUD Lamongan? Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Desain dari Tsauratu al-Istimā’ berupa materi dan latihan dengan bentuk audio dan video, materi dan soal latihan dibuat dengan menggunakan audio agar mahasiswa terbiasa menyimak dan mendengar bahasa Arab dari penutur asli dan kosa kata kontemporer. Audio dibuat dari teks arab yang kemudian di convert menjadi suara orang arab asli dengan menggunakan aplikasi TTS maker. Sedangkan e-modul dapat diakses melalui link yang nantinya terhubung dengan aplikasi Heyzine. 2) Berdasarkan uji validasi kelayakan produk yang telah divalidasi oleh ahli materi mendapatkan skor 108 dari total skor 125 dengan prosentase 85,11% dengan kategori “sangat layak” untuk diuji cobakan. Sedangkan ahli media memberikan skor 59 dari total skor 70 dengan prosentase 85,88% yang dikategorikan “sangat layak”. 4) Hasil analisis pre-test dan post-test hasil belajar keterampilan mendegar mahasiswa PBA semester 2 Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan dengan menggunakan teknik Paired Sample T-test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,00. Maka dapat disimpulkan jika nilai < 0,05 Ha diterima dan Ho ditolak, sebaliknya jika Sig. (2-tailed) > 0,05 maka Ha ditolak dan Ho diterima. Dalam uji Paired Samples T-test diatas menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,00 maka Ha diterima dan Ho ditolak atau terdapat pengaruh terhadap hasil belajar maharah istimā’ setelah menggunakan e-modul pembelajaran istimā’ dengan pendekatan audiolingual. Hasil uji N-gain perbandingan nilai rata-rata pre-test dan post-test dalam pembelajaran maharah istima’ dengan menggunakan e-modul pembelajaran istima’ yaitu sebesar 0,57 atau 57%, hasil ini mendapatkan kategori “cukup”. Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat efektivitas dari e-modul pembelajaran istimā’ dengan pendekatan audiolingual adalah “cukup efektif”.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Umi Baroroh, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: E-modul; pendekatan audiolingual; keterampilan berbicara
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.78 Bahasa Arab - Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Jul 2024 10:26
Last Modified: 22 Jul 2024 10:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66072

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum