Laporan Hasil Penelitian kolaborasi antar perguruan tinggi KOMUNIKASI VISUAL AJARAN ISLAM DI MEDIA DIGITAL DALAM MEMPROMOSIKAN PERDAMAIAN

Diah Ajeng Purwani, - (2023) Laporan Hasil Penelitian kolaborasi antar perguruan tinggi KOMUNIKASI VISUAL AJARAN ISLAM DI MEDIA DIGITAL DALAM MEMPROMOSIKAN PERDAMAIAN. Project Report. Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

[img] Text (Laporan Hasil Penelitian kolaborasi antar perguruan tinggi KOMUNIKASI VISUAL AJARAN ISLAM DI MEDIA DIGITAL DALAM MEMPROMOSIKAN PERDAMAIAN)
Laporan Hasil Penelitian kolaborasi antar perguruan tinggi KOMUNIK.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1721613002.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview

Abstract

Pada penelitian ini ditemukan bahwa komunikasi visual ajaran Islam dalam mempromosikan perdamaian pada Milenial Yogyakarta dan Pekanbaru melalui Akun Instagram @yukngajijogja dan @yukngajipekanbaru terbagi menjadi beberapa hal, seperti penggunaan warna yang dinamis. Telah disebutkan dalam temuan penelitian warna yang dinamis berdasarkan wawancara yaitu warna retro yang mereka sebutkan tidak menjelaskan spesifikasi yang dimaksud seperti apa. Misalnya warna-warna nude seperti warna bumi/ earth tone yaitu cream, cokelat, putih, dan seterusnya. Namun dalam wawancara yukngaji Jogja sedikit menjelaskan arah retro ke vintage. Bagian kedua visualisasi aktivitas pembelajaran agama, seperti yang telah dianalisis dalam penelitian ini yaitu aktivitas penyampaian ajaran agama oleh komunitas tersebut melalui media sosial terbagi menjadi beberapa hal. Seperti aktivitas dokumentasi acara kajian agama, suasana belajar bareng, suasana kumpul atau diskusi bersama, suasana nongkrong sambil ngaji, suasana bermain muslik dan suasana lainnya. Adapun yang terahir berkaitan dengan penggunaan kosa kata yang mengandung SARA, seperti Segala bentuk konten dakwah yang diupload dalam platform sosial media kedua akun tersebut mengaskan supaya fokus terhadap trend anak muda, tidak terlalu religi, tidak terlalu keras. Titik pembuatan konten yang dinginkan seperti ini melalui beragam koreksi sampai kemudian di upload. Minat kajian yang digapai oleh para anak muda adalah hal-hal yang menyentuh secara duniawi semacam jodoh, hijrah, fashion, dan sebagainya. Hal ini menunjukkan strategi marketing dengan niche yang tepat, meskipun visualisasi konten tidak rapi dan konsisten serta rutin untuk dilakukan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Visual, Media Digital, Perdamaian
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Penelitian
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 22 Jul 2024 09:10
Last Modified: 24 Jul 2024 16:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66098

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum