PENGGUNAAN BAHASA ISYARAT OLEH PEKERJA SOSIAL DALAM PELAYANANNYA KEPADA DIFABEL TULI DI BRTPD PUNDONG, YOGYAKARTA

Sofi Rahmawati, NIM.: 20102050011 (2024) PENGGUNAAN BAHASA ISYARAT OLEH PEKERJA SOSIAL DALAM PELAYANANNYA KEPADA DIFABEL TULI DI BRTPD PUNDONG, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN BAHASA ISYARAT OLEH PEKERJA SOSIAL DALAM PELAYANANNYA KEPADA DIFABEL TULI DI BRTPD PUNDONG, YOGYAKARTA)
20102050011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN BAHASA ISYARAT OLEH PEKERJA SOSIAL DALAM PELAYANANNYA KEPADA DIFABEL TULI DI BRTPD PUNDONG, YOGYAKARTA)
20102050011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tentang praktik pekerja sosial dengan bahasa isyarat di Indonesia masih sedikit. Penelitian ini menjadi bahasan untuk mengembangkan teori praktik pekerja sosial yang bekerja dengan difabel Tuli. Bahasa isyarat menjadi budaya Tuli dan ciri khas mereka dalam berinteraksi serta berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik pekerja sosial dalam memberikan pelayanannya kepada difabel Tuli dengan bahasa isyarat di BRTPD, serta untuk mengetahui manfaat yang dirasakan oleh difabel Tuli terkait pelayanan menggunakan bahasa isyarat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahasa isyarat yang digunakan untuk melayani difabel Tuli di BRTPD adalah jenis BISINDO. Praktik yang dilakukan pekerja sosial dalam pelayanannya kepada difabel Tuli di BRTPD sebagai berikut: (1) Identifikasi pendekatan komunikatif bahasa isyarat difabel Tuli; (2) Melibatkan difabel Tuli secara langsung; (3) Menambahkan media lain; (4) Memakai kalimat sederhana; (5) Pertemuan jangka panjang dengan difabel Tuli; (6) Memeriksa kepahaman difabel Tuli. Kemudian pekerja sosial juga mengalami tantangan saat memberikan pelayanannya yaitu karena kemampuan bahasa isyaratnya yang terbatas, ragam bahasa isyarat seperti SIBI, BISINDO dan alamiah serta tantangan saat menghadapi disabilitas ganda. Manfaat yang dirasakan difabel Tuli adanya pelayanan bahasa isyarat ini, mereka mudah mendapatkan informasi sehingga kebutuhannya terpenuhi dan memudahkan mereka bersosialisasi atau mendapatkan teman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ro’fah, M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Bahasa Isyarat; pekerja sosial; difabel tuli
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362 Kesejahteraan Sosial, Permasalahan dan Layanan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Jul 2024 11:04
Last Modified: 22 Jul 2024 11:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66122

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum