PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, FASILITAS KERJA, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PERUSAHAAN X YOGYAKARTA

Fenti Nur Aini, NIM.: 20102040035 (2024) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, FASILITAS KERJA, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PERUSAHAAN X YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, FASILITAS KERJA, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PERUSAHAAN X YOGYAKARTA)
20102040035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, FASILITAS KERJA, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PERUSAHAAN X YOGYAKARTA)
20102040035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat, perusahaan perlu memprioritaskan peningkatan kinerja pegawai sebagai kunci untuk mencapai efisiensi dengan beradaptasi cepat terhadap perkembangan teknologi melalui sumber daya manusia yang cakap, terampil, responsif, dan loyal. Dalam waktu kurun satu tahun setelah pendiriannya, Perusahaan X telah meraih penghargaan pada ajang kompetisi internal yang diselenggarakan oleh entitas finansial pusat. Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan dan penghargaan atas upaya tim dalam melakukan transformasi untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas melalui pengembangan bisnis digital. Sebagai entitas di sektor pembiayaan, Perusahaan X menghadapi tantangan tersendiri dalam membentuk budaya organisasi yang mendukung pertumbuhan bisnis berkelanjutan, mengoptimalkan fasilitas kerja, dan meningkatkan kepuasan kerja. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner yang terdiri dari 26 indikator pertanyaan dengan Kinerja Karyawan (Y) sebagai variabel dependen dan tiga variabel independen yaitu Budaya Organisasi (X1), Fasilitas Kerja (X2), dan Kepuasan Kerja (X3). Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 74 responden pegawai Perusahaan X Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yaitu purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif menggunakan IBM SPSS versi 26, serta uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji hipotesis yang diolah dengan bantuan software WarpPLS versi 7.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakana tingkat signifikansi <1%, diperoleh nilai P <0,001 dengan  0,454 untuk budaya organisasi, nilai P 0,004 dengan  0,290 untuk fasilitas kerja, dan nilai P 0,277 dengan  0,068 untuk kepuasan kerja. Dapat diketahui bahwa secara parsial, variabel budaya organisasi dan fasilitas kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, sedangkan variabel kepuasan kerja tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Kemudian, diperoleh nilai P < 0,001 dengan  0,564 untuk hasil ARS, sehingga dapat disimpulkan bahwa tiga variabel independen secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja pegawai Perusahaan X Yogyakarta. Adapun hasil uji simultan (Average R Square) menunjukkan bahwa variabel independen memberikan sumbangan sebesar 56,4% dan sisanya sebesar 43,6% dijelaskan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Mokhammad Nazili, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: fasilitas kerja; kepuasan kerja; kinerja pegawai; nilai perusahaan
Subjects: 600 Sains Terapan > 650 Business/Bisnis > 658.3 Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Jul 2024 11:51
Last Modified: 22 Jul 2024 11:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66134

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum