Nurul Hak, - and H. Abdul Mustaqim, - and Ahmad Baidhowi, - and Salahudin, - and Saefuddin Zuhri, - (2023) Genealogi dan Jaringan Keilmuan Pesantren Modern ; DI Banten, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Semesta Aksara, Yogyakarta. ISBN 978-623-460-072-8
|
Text (Genealogi dan Jaringan Keilmuan Pesantren Modern ; DI Banten, Jawa Tengah dan Jawa Timur)
Genealogi dan Jaringan Keilmuan Pesantren.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
|
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1722219961.pdf - Published Version Download (18kB) | Preview |
Abstract
Tipologi pesantren modern mempertegas perbedaan (distingsi) makna kemodernan dari keenam pesantren modern di atas pada proses transformasi keenam pesantren tersebut yang dapat dipetakan ke dalam tiga pemetaan; adopsi, modifikasi dan inovasi. Pola adopsi seperti terjadi pada keterpaduan kurikulum dan penerapan bahasa Arab Inggris dalam keenam pesantren modern di atas dengan referensi Pondok Pesantren Darussalam Gontor. Selain adopsi, terdapat pola modifikasi, dan inovasi, yang menunjukkan terjadinya proses transformasi dari ketiga Pondok Pesantren Modern di atas. Pola modifikasi dilakukan dalam kegiatan pesantren dari bagian kurikulum yang menjadi khas dari masing-masing pesantren, seperti Fathul Kutub. Demikian juga dalam managemen kelembagaan, termasuk penerapan sistem pendidikan enam tahun dengan pola SMP dan SMA pada keenam pengembangan wakaf dan zakat yang dikembanganan oleh Pesantren Modern Tazakka, Jawa Tengah,latermasuk. Sementara itu, pola modifikasi terdapat pada kegiatan yang berorientasi pada pemanfaatan IT dalam menginternalisasikan nilai-nilai etika kitab dan penguatan peran sosial kepesantrenan, seperti program kegiatan short movie dan In Camp. yang dilaksanakan oleh Pesantran Assa’adah Banten. Beberapa program terkait dengan pengembangan sistem pendidikan, manajemen pendidikan dan beberapa kegiatan inovasi yang telah berjalan di Pesantren di Pesantren modern di Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, dapat dijadikan acuan untuk menjadi model dalam pengembangan pendidikan Islam berbasis pesantren, termasuk bagi pesantren-pesantren tradisional (salafiyah) yang jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan pesantren modern. Hal ini bertujuan untuk memajukan sistem pendidikan Islam berbasis pesantren, baik pesantren modern maupun pesantren tradisional dan merespon perkembangan dan kemajuan zaman yang sangat cepat. Beberapa pesantren, baik yang modern maupun tradisional yang telah terbukti unggul, produktif, berprestasi dan berinovasi dalam pe000ngembangan pendidikan Islam di Indonesia, dapat dijadikan pilot project pengembangan sistem pendidikan Islam berbasis pesantren. Dengan car aini, diharapkan kedepannya pesantren dapat bersaing dengan Lembaga pendidikan umum lainnya di Indonesia dan tidak lagi dipandang sebelah mata sebagai pendidikan pinggiran.
| Item Type: | Book |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pesantren, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur |
| Subjects: | Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren |
| Divisions: | Buku |
| Depositing User: | Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP - |
| Date Deposited: | 29 Jul 2024 09:39 |
| Last Modified: | 29 Jul 2024 09:39 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66153 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
