Determinan Niat Membayar Zakat, Infak, Sedekah Secara Digital

Wa’adarrahmah, - and Abdul Haris, - (2024) Determinan Niat Membayar Zakat, Infak, Sedekah Secara Digital. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2 (1). pp. 13-26. ISSN ISSN:3026-1740 (online) ISSN:3026-1740 (cetak)

[img]
Preview
Text (Determinan Niat Membayar Zakat, Infak, Sedekah Secara Digital)
Determinan Niat Membayar Zakat, Infak, Sedekah Secara Digital_Wa'adarrahmah_&_Abdul Haris.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat pernyataan)
surat-surat-pernyataan1722224257.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi terus tumbuh dan berkembang dengan baik, namun demikian kesenjangan antara potensi dan realisasi dalam penghimpunan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) melalui platform digital membuat inovasi dalam pengelolaan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) terus berkembang. Penelitian ini bertujuan menganalisis determinan niat pembayaran Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) secara digital berdasarkan theory combined technology acceptance model dan theory of planned behavior (C-TAM TPB) pada masyarakat di pulau Jawa. Studi ini menggunakan konstruk asli C-TAM TPB dengan menambahkan variabel kepercayaan dan referensi kelompok ke dalam model nya sebagai pembentuk niat berperilaku membayar ZIS secara digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer. Data diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada responden masyarakat yang tinggal di seluruh provinsi di pulau Jawa dengan jumlah 174. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) dengan bantuan software WarpPLS Versi 7.0. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap masyarakat untuk membayar Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) secara digital. Selanjutnya, variabel sikap, norma subjektif, referensi kelompok, berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat masyarakat untuk membayar Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) secara digital. Sedangkan variabel kontrol perilaku, kepercayaan, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan secara statistik tidak berpengaruh niat masyarakat untuk membayar Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) secara digital. Kemudian variabel referensi kelompok terhadap niat berperilaku terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat masyarakat untuk membayar Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) secara digital.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: C-TAM TPB, Zakat, Infak, Sedekah, Digital
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 29 Jul 2024 10:54
Last Modified: 29 Jul 2024 10:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66154

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum