Neysa Amelinda Saputri, NIM.: 19101040092 (2023) URGENSI KOMPETENSI KOMUNIKASI PUSTAKAWAN DALAM MEMBERIKAN LAYANAN SIRKULASI DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JANABADRA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (URGENSI KOMPETENSI KOMUNIKASI PUSTAKAWAN DALAM MEMBERIKAN LAYANAN SIRKULASI DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JANABADRA YOGYAKARTA)
19101040092_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
Text (URGENSI KOMPETENSI KOMUNIKASI PUSTAKAWAN DALAM MEMBERIKAN LAYANAN SIRKULASI DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JANABADRA YOGYAKARTA)
19101040092_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui adanya keurgensian kompetensi komunikasi yang dimiliki oleh pustakawan bagian layanan sirkulasi UPT Perpustakaan Universitas Janabadra Yogyakarta, mengetahui bagaimana cara berkomunikasi pustakawan layanan sirkulasi dalam memberikan pelayanan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pendekatan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta menggunakan teknik purposive sampling dalam pencarian informan. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber, observasi partisipatif, dan member check. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : Pustakawan memiliki urgensi kompetensi komunikasi, hal ini didasari belum adanya kemampuan beradaptasi dan belum memenuhi kriteria kejelasan atau kelayakan dalam memberi respon komunikasinya, cara berkomunikasi pustakawan belum memenuhi kriteria kompeten karena belum adanya motivasi yang dijalankan serta belum menunjukkan adanya keterampilan dalam melakukan percakapan. Saran yang diberikan untuk UPT Perpustakaan Universitas Janabadra Yogyakarta : untuk memaksimalkan pelayanan dan informasi yang baik dari segi informasi perlunya penerapan pemahaman komunikasi massa, organisasi, kelompok, interpersonal, intrapersonal. Sehingga baik komunikan maupun komunikator dapat memberikan suatu makna dalam perbincangannya. Perlunya merealisasikan terkait motivasi dalam diri pustakawan seperti ketika pustakawan ingin memberikan kinerja terbaiknya dalam memberikan pelayanan. Pustakawan perlu memahami terkait percakapan keterlibatan, percakapan manajemen, responsive, dan efektifitas komunikasinya. Sehingga pustakawan menjadi memiliki hal yang menjadi pendorong dapat dikatakannya mempunyai kompetensi komunikasi, serta memiliki kemampuan menjalankan kegiatan berkomunikasi dengan cara yang lebih efektif dan memiliki suatu kejelasan alur pembicaraannya
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Siti Rohaya, M.T |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Komunikasi; Komunikasi Pustakawan; Perpustakaan UPT Universitas Janabadra |
Subjects: | Pustakawan > pustakawan, Layanan Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1) |
Depositing User: | Widiyastuti, M.IP |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 14:48 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 14:48 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66228 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |