MASHAKIL AL 'AMILAH AL MANZILIYYAHBI AL 'ALAM AL 'ARABIY FI AL RIWAYAH SAQ AL BAMBU LI SA'UD AL SAN'USI (DIRASAH IJTIMA'IYYAH ADABIYYAH LI IAN WATT)

Qoyumul Fajar, NIM.: 19101010113 (2023) MASHAKIL AL 'AMILAH AL MANZILIYYAHBI AL 'ALAM AL 'ARABIY FI AL RIWAYAH SAQ AL BAMBU LI SA'UD AL SAN'USI (DIRASAH IJTIMA'IYYAH ADABIYYAH LI IAN WATT). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MASHAKIL AL 'AMILAH AL MANZILIYYAHBI AL 'ALAM AL 'ARABIY FI AL RIWAYAH SAQ AL BAMBU LI SA'UD AL SAN'USI (DIRASAH IJTIMA'IYYAH ADABIYYAH LI IAN WATT))
19101010113_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MASHAKIL AL 'AMILAH AL MANZILIYYAHBI AL 'ALAM AL 'ARABIY FI AL RIWAYAH SAQ AL BAMBU LI SA'UD AL SAN'USI (DIRASAH IJTIMA'IYYAH ADABIYYAH LI IAN WATT))
19101010113_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul ―Masyakil al-’Amilah al-Manziliyyah bi al-’Alam al-’Arabiy fi al-Riwayah Saq al-Bambū. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian pustaka (library research) untuk menggali lebih dalam mengenai problematika pekerja domestik perempuan di dunia Arab dalam novel Saq al-Bambū. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegelisahan peneliti akan fenomena pekerja domestik beserta isu-isu yang menyertainya. Novel Saq al-Bambū dipilih karena memuat cerita tentang pekerja domestik asal Filipina yang bekerja di Kuwait. Cerita tentang pekerja domestik yang mendapatkan permasalahan di tempat kerjanya relevan dengan realitas sosial terkini. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra oleh Ian Watt dengan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa teknik simak dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sa‘ud al-San‘usi adalah seorang novelis dan jurnalis asli Kuwait yang merupakan saksi hidup dari peristiwa Perang Teluk. Menulis novel adalah salah satu sumber penghasilan al-San‘usi, akan tetapi karya-karyanya tidak tunduk pada pengayom ataupun permintaan pasar. Konteks sosial ini juga berpengaruh terhadap penulisan novel Saq al-Bambū seperti perujukan pada tokoh idola, menyertakan elemen Perang Teluk, menunjukkan rasa cinta tanah air, dan memilih perpaduan Filipina-Kuwait sebagai ras tokoh utama. Problematika yang dihadapi oleh pekerja domestik dalam novel Saq al-Bambū antara lain: 1) Dibenci oleh ―Nyonya Besar, 8) Pelecehan verbal dan seksual, 3) Dicintai oleh putra ―Nyonya Besar, dan 4) Hadirnya anak dari pernikahan pembantu dan tuannya. Adapun fungsi sosial dari novel Saq al-Bambū dapat ditinjau dari 3 aspek. Pertama, dari aspek pembaharu dan perombak, novel Saq al-Bambū menghadirkan kisah yang berbeda dari tren novel di masanya dan menguak sisi lain dari hubungan antara pekerja domestik dan majikannya. Kedua, dari aspek hiburan, Saq al-Bambū diselingi dengan humor dan kata bijak. Ketiga, dari aspek edukasi, novel Saq al-Bambū mengajarkan nilai-nilai persahabatan dan ikatan pernikahan serta toleransi dan kepekaan empati

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Moh. Wakhid Hidayat, S.S M.A
Uncontrolled Keywords: Pekerja Domestik Perempuan, Dunia Arab, Saq Al-Bambu, Sa‘ud Al-San‘usi, Kuwait
Subjects: 800 Sastra (Literature) > 890 Sastra Lain-lain > 892.7 Arabic Literatures/Kesusastraan Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Aug 2024 14:36
Last Modified: 01 Aug 2024 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66272

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum