TA'ATIR AL AKHBAR 'AN MA'ALAJAH AL ZALAZIL FI TURKIYYA WA SURIYYA WA SAIL AL I'LAM "AL JAZEERAH" WA "AL ARABIYYAH" AL ILIKTRONIYYAH FATRAH FIBRAYIR-MARIS 2023: dirasah al ta'atir

Tisa Aini Abas, NIM.: 1910100022 (2023) TA'ATIR AL AKHBAR 'AN MA'ALAJAH AL ZALAZIL FI TURKIYYA WA SURIYYA WA SAIL AL I'LAM "AL JAZEERAH" WA "AL ARABIYYAH" AL ILIKTRONIYYAH FATRAH FIBRAYIR-MARIS 2023: dirasah al ta'atir. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TA'ATIR AL AKHBAR 'AN MA'ALAJAH AL ZALAZIL FI TURKIYYA WA SURIYYA WA SAIL AL I'LAM "AL JAZEERAH" WA "AL ARABIYYAH" AL ILIKTRONIYYAH FATRAH FIBRAYIR-MARIS 2023: dirasah al ta'atir)
19101010022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TA'ATIR AL AKHBAR 'AN MA'ALAJAH AL ZALAZIL FI TURKIYYA WA SURIYYA WA SAIL AL I'LAM "AL JAZEERAH" WA "AL ARABIYYAH" AL ILIKTRONIYYAH FATRAH FIBRAYIR-MARIS 2023: dirasah al ta'atir)
19101010022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pemberitaan pada dua Media Daring yaitu Al Jazeera & Al Arabiya tentang penanganan Gempa di Turki dan Suriah sejak Februari 0102. Peneliti mengupas bagaimana kedua media mengkonstruksi isu tersebut ke dalam sebuah berita. Data dianalisis menggunakan teori pendekatan pembingkaian model Pan & Kosicki (9112) melalui struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi berita-berita mengenai penanganan gempa di Turki dan Suriah yang bersumber dari media Al Jazeera dan Al Arabiya pada bulan Februari – Maret 0102. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pada unsur Sintaksis, Al Jazeera menyoroti kegagalan dan ketidakpuasan terhadap respon PBB, sedangkan pada Al Arabiya cenderung memperhatikan dan menekankan pentingnya bantuan kemanusiaan dari pihak lain selain PBB, karena keterbatasan yang dimiliki PBB dalam menangani korban gempa Turki dan Suriah. Pada unsur Skrip, yang terdiri dari 5W + 9H, Al- Jazeera tidak menampilkan unsur when, sedangkan Al Arabiya menampilkan 5W + 9H secara lengkap. Adapun perbedaan yang paling signifikan ada pada unsur who. Pada Al-Jazeera penggunaan unsur who sebagai bentuk permintaan pertanggungjawaban atas bantuan yang harus di sampaikan kepada korban gempa. Sedangkan pada Al Arabiya penggunaan unsur who cenderung untuk menunjukkan alasan atas lambat dan sedikitnya bantuan yang lakukan oleh PBB. Pada unsur Tematik, Al-Jazeera menunjukkan kondisi korban gempa yang sedang kesulitan dan melakukan protes atas keterlambatan PBB dalam memberikan bantuan. Sedangkan Al Arabiya, cenderung menjelaskan penyebab keterlambatan bantuan dari PBB itu terjadi. Pada struktur Retoris Al Jazeera membingkai penanganan gempa di Turki dan Suriah dengan dua kategori yaitu, kinerja PBB yang cenderung tersudutkan, dan respon negatif korban gempa. Al Arabiya membingkai penanganan gempa di Turki dan Suriah dengan dua kategori, yaitu respon positif PBB dan usaha untuk menarik empati semua pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Ibnu Burdah, S.Ag. M.A.
Uncontrolled Keywords: Pembingkaian; Media; Al Jazeera & Al Arabiya; Gempa Turki dan Suriah.
Subjects: Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 01 Aug 2024 15:45
Last Modified: 01 Aug 2024 15:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66284

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum