PERKEMBANGAN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWWALIYAH (MDTA) HUSNUL KHOTIMAH DI PASAWAHAN, BANJARANYAR, CIAMIS, 1996-2020 M.

Eva Siti Hotimah, NIM.: 19101020087 (2023) PERKEMBANGAN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWWALIYAH (MDTA) HUSNUL KHOTIMAH DI PASAWAHAN, BANJARANYAR, CIAMIS, 1996-2020 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERKEMBANGAN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWWALIYAH (MDTA) HUSNUL KHOTIMAH DI PASAWAHAN, BANJARANYAR, CIAMIS, 1996-2020 M.)
19101020087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERKEMBANGAN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWWALIYAH (MDTA) HUSNUL KHOTIMAH DI PASAWAHAN, BANJARANYAR, CIAMIS, 1996-2020 M.)
19101020087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang perkembangan Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (DTA) Husnul Khotimah di Desa Pasawahan. Perkembangan di DTA tersebut dimulai dari tahun 2005 hingga 2020. Fokus kajian yang diteliti yaitu: pertama, latar belakang historis berdirinya DTA Husnul Khotimah. Kedua, tahapan dan bentuk perkembangan DTA Husnul Khotimah. Ketiga, faktor-faktor yang menyebabkan perkembangan DTA Husnul Khotimah dan pengaruhnya. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah menjelaskan perkembangan DTA Husnul Khotimah. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah dengan basis data lapangan. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan historis-sosiologis serta teori model tingkat perkembangan yang dikemukakan oleh Neil J. Smelser. Di samping itu juga digunakan konsep madrasah diniyah dan perkembangan. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode penelitian sejarah yang meliputi heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa perkembangan DTA Husnul Khotimah diawali pada 2005 ketika DTA tersebut secara legal diakui sebagai lembaga pendidikan Islam non-formal oleh Departemen Agama Ciamis. Tahapan dan bentuk perkembangan di DTA Husnul Khotimah terdiri dari perkembangan fisik dan non fisik. Perkembangan fisik mencakup gedung atau sarana prasarana, sedangkan perkembangan non-fisik meliputi Sumber Daya Manusia (SDM) dan sistem pendidikan yang meliputi kurikulum dan metode pembelajaran yang digunakan. Perkembangan tersebut tidak secara instan, melainkan ada faktor internal dan eksternal yang memengaruhinya. Di samping itu, keberadaan DTA Husnul Khotimah berpengaruh bagi sisi internal DTA dan eksternal masyarakat sekitarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dr. Nurul Hak, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah, MDTA
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:46
Last Modified: 02 Aug 2024 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66288

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum