AL MUSHKILAT AL LUGHAWIYYAH WA GHAIRI AL LUGHAWIYYAH FI TA'LIM AL KITAB AL JURUMIYYAH LI FASL " AL AWALIYYAH AL THALATHAH" BI AL MADRASAH AL NAWANI AL DINIYAH JEJERAN LIL BANAT LI SANAH AL DIRASIYYAH 2023/2024

Annisa Svifaul Husna, NIM.: 20104020041 (2024) AL MUSHKILAT AL LUGHAWIYYAH WA GHAIRI AL LUGHAWIYYAH FI TA'LIM AL KITAB AL JURUMIYYAH LI FASL " AL AWALIYYAH AL THALATHAH" BI AL MADRASAH AL NAWANI AL DINIYAH JEJERAN LIL BANAT LI SANAH AL DIRASIYYAH 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL MUSHKILAT AL LUGHAWIYYAH WA GHAIRI AL LUGHAWIYYAH FI TA'LIM AL KITAB AL JURUMIYYAH LI FASL " AL AWALIYYAH AL THALATHAH" BI AL MADRASAH AL NAWANI AL DINIYAH JEJERAN LIL BANAT LI SANAH AL DIRASIYYAH 2023/2024)
20104020041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AL MUSHKILAT AL LUGHAWIYYAH WA GHAIRI AL LUGHAWIYYAH FI TA'LIM AL KITAB AL JURUMIYYAH LI FASL " AL AWALIYYAH AL THALATHAH" BI AL MADRASAH AL NAWANI AL DINIYAH JEJERAN LIL BANAT LI SANAH AL DIRASIYYAH 2023/2024)
20104020041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai apa saja permasalahan mengenai linguistik dan non linguistik dalam pembelajaran Kitab Juruimyah santri kelas Awaliyah III Madrasah Diniyah An-Nawawi Jejeran tahun Ajaran 2023/2024. Tujuan penelitian ini adalah menunjukkan apa saja peroblematika linguistik dan non linguistik yang terjadi dalam pembelajaran Kitab jurumiyah serta upaya apa saja yang digunakan untuk menanggulangi problematika tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan dapat dijadikan bahan evaluasi agar pembelajaran dapat berjalan lebih baik lagi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika linguistik pada pembelajaran Kitab Jurumiyah ini terjadi pada aspek morfologi berupa hafalan bentuk kata santri yang lemah, aspek sintaksis berupa kurang menguasai mengenai aspek nahwu dasar, dan aspek semantik adalah perbendaharaan kata yang kurang, dan kurang membaca atau muthola’ah kitab. Sedangkan upaya yang dilakukan adalah dengan membuat program takroran di pondok pesantren, memaksimalkan program takroran dengan berdiskusi, memberikan jam tambahan apabila diperlukan. Dalam hal ini peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran yang direncanakan tidak dengan indikator yang jelas, maka proses berjalannya hanya akan berjalan sedemikian rupa yang mengakibatkan tujuan pembelajaran tidak bisa diukur dengan jelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr, Dailatus Syamsiyah.S.Ag.. M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Problematika Linguistik; Non Linguistik; Belajar Kitab Jurumiyah; Madrasah Diniyah
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.707 6 Bahasa Arab - Metode Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 12 Aug 2024 09:27
Last Modified: 12 Aug 2024 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66309

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum