EKSISTENSI SEKOLAH DASAR ADZKIA BANJARNEGARA MELALUI POLA PENDIDIKAN SOSIAL BERBASIS FITRAH

Muhammad Azmi Fathoni, NIM.: 19107020066 (2024) EKSISTENSI SEKOLAH DASAR ADZKIA BANJARNEGARA MELALUI POLA PENDIDIKAN SOSIAL BERBASIS FITRAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSISTENSI SEKOLAH DASAR ADZKIA BANJARNEGARA MELALUI POLA PENDIDIKAN SOSIAL BERBASIS FITRAH)
19107020066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EKSISTENSI SEKOLAH DASAR ADZKIA BANJARNEGARA MELALUI POLA PENDIDIKAN SOSIAL BERBASIS FITRAH)
19107020066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pola pendidikan berbasis fitrah menjadi proses pembelajaran yang dianggap relevan, konkret, dan aplikatif untuk peserta didik. Pola pendidikan fitrah menekankan kemerdekaan pada peserta didik sebagai bentuk setiap individu merupakan versi terbaik dengan segala potensi yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme Sekolah Dasar Adzkia Banjarnegara mampu mempertahankan eksistensinya melalui pola pendidikan sosial berbasis fitrah. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah Sekolah Dasar Adzkia Banjarnegara yang didalamnya meliputi founder sekolah, kepala sekolah, tenaga pendidik, dan wali peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan sebagai pisau bedah analisis dalam penelitian ini adalah teori praktik sosial yang dikumandangkan oleh Pierre Bordieu. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa eksistensi atau cara Sekolah Dasar Adzkia Banjarnegara untuk mampu mempertahankan keberadaannya berkaitan dengan praktik yang dilakukan dalam melaksanakan proses pendidikan melalui mekanisme fitrah didalamnya, yang meliputi aspek habitus, modal, maupun arena. Habitus yang ditampilkan mengedepankan kenyamanan proses belajar peserta didik melalui mekanisme pembelajaran yang merdeka, relevan, maupun aplikatif dengan realitas sosial peserta didik. Didorong dengan modal yang terakumulasi memantapkan langkah sekolah untuk dapat menapaki arena pendidikan yang lebih luas, sehingga pola fitrah yang digunakan sebagai proses pendidikan dalam Sekolah Dasar Adzkia Banjarnegara mampu terwujud dan terus berkembang, terkhusus untuk peserta didik mampu mengembangkan potensi fitrahnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dwi Nur Laela Fithriya, S. IP, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pola Pendidikan Fitrah, Eksistensi, Habitus
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 301 Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Aug 2024 13:37
Last Modified: 08 Aug 2024 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66383

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum