Auliyaul Muhimmah, NIM.: 20104010054 (2024) PREFERENSI PENGGUNAAN MUSHAF AL-QUR’AN CETAK DAN MUSHAF AL-QUR’AN DIGITAL PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PREFERENSI PENGGUNAAN MUSHAF AL-QUR’AN CETAK DAN MUSHAF AL-QUR’AN DIGITAL PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA)
20104010054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
Text (PREFERENSI PENGGUNAAN MUSHAF AL-QUR’AN CETAK DAN MUSHAF AL-QUR’AN DIGITAL PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA)
20104010054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Transformasi mushaf Al-Qur’an cetak menuju mushaf Al-Qur’an digital memberikan suatu gambaran atas kemajuan teknologi dalam bidang keagamaan. Mushaf Al-Qur’an cetak dan mushaf Al-Qur’an digital telah digunakan sebagian besar umat Islam. Peserta didik menggunakan mushaf Al-Qur’an cetak dan digital untuk pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Preferensi atau pemilihan mushaf Al-Qur’an cetak dan mushaf Al-Qur’an digital oleh peserta didik didasarkan pada tingkat kemanfaatan dan kemudahan dalam penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi penggunaan Mushaf Al-Qur’an cetak dan Mushaf Al-Qur’an digital pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Penelitian ini mencakup (1) Preferensi penggunaan Mushaf Al-Qur’an cetak dan Mushaf Al-Qur’an digital pada siswa kelas XI, (2) Faktor yang menentukan preferensi penggunaan Mushaf Al-Qur’an cetak dan Mushaf Al-Qur’an digital pada siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah peserta didik kelas XI dan guru Qur’an Hadist dan Tahsin kelas XI. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Preferensi penggunaan Mushaf Al-Qur’an cetak lebih dipilih untuk digunakan pada pembelajaran dan luar pembelajaran sedangkan Mushaf Al-Qur’an digital hanya sebagai alternatif ketika situasi dan kondisi tidak memungkinkan menggunakan mushaf Al-Qur’an cetak . (2) Implikasi Preferensi pengguna sepenuhnya telah menerapkan sifat dasar 4 indikator preferensi pengguna atau konsumen yaitu kelengkapan (completeness), transivitas (transitivity), kesinambungan (continuity) dan lebih banyak lebih baik (than more is the better). (3) Faktor yang menentukan penggunaan preferensi Mushaf Al-Qur’an cetak dan Mushaf Al-Qur’an digital sesuai dengan faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi penggunaan Al-Qur’an yaitu faktor tingkat kemanfaatan terdiri dari kelengkapan isi dan tampilan dan kemudahan dalam menggunakan terdiri dari kemudahan mendapatkan/mengakses, compatibilitas dan kapasitas yang diperlukan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing; Dr. Akhmad Sholeh, S.Ag., M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Mushaf Al-Qur’an cetak; Mushaf Al-Qur’an digital |
Subjects: | 200 Agama > 210 Agama Alam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 14:03 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 14:03 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66388 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |